Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau Kenpark (Foto / Metro TV)
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau Kenpark (Foto / Metro TV)

Khofifah Minta Insiden Seluncuran Kenpark Diusut Tuntas

Nasional objek wisata liburan Wisatawan Khofifah Indar Parawansa Water Park surabaya Jawa Timur
Clicks.id • 09 Mei 2022 08:26
Surabaya: Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi insiden runtuhnya seluncuran kolam renang Kenpark Kenjeran Surabaya, Minggu, 8 Mei 2022. Dia berharap insiden kecelakaan itu bisa diusut tuntas, termasuk penanganan terhadap seluruh korban.
 
Khofifah menyatakan pihaknya telah berkoordinasi langsung dengan berbagai pihak. Di antaranya Wali Kota Surabaya dan pengelola Kenpark guna melakukan investigasi menyeluruh atas penyebab tragedi tersebut.
 
"Hari ini, seperti yang sudah terkonfirmasi, kami melihat di lapangan ada bagian dari Cycle Waterpark yang patah," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Khofifah menuturkan, menurut penjelasan tim manajemen Kenpark wahana perosotan telah mengalami proses kalibrasi pada tahun lalu. Bahkan, kalibari berkala juga telah dilakukan dua tahun lalu.
 
"Saya tadi bertanya pada Pak Paul, Manajer Kenpark, proses kalibrasinya bagaimana. Rupanya dua tahun lalu sudah dilakukan kalibrasi, tahun kemarin terkonfirmasi juga dilakukan kalibrasi," ujar Khofifah.
 
Baca juga: 5 Korban Tragedi Kenpark Surabaya Diizinkan Pulang
 
Sementara itu proses investigasi juga tengah berjalan, baik dari kepolisian maupun dari pihak konstruksi, White Water Canada. 
 
"Kami berharap bahwa proses investigasi yang tengah dilakukan oleh Polres Tanjung Perak dan White Water Canada, bisa membuat kejadian ini menjadi terang benderang," ungkapnya.
 
Di samping berjalannya proses investigasi, pemerintah juga memprioritaskan penanganan medis hingga terapi psikososial bagi para korban. Selain mengalami cedera fisik, proses penyembuhan trauma bagi para korban juga diharapkan bisa dilakukan di dua rumah sakit serta berlanjut sampai ke rumah.
 
"Kita maksimalkan, yang sudah kembali ke rumah, Pak Wali nanti akan mengirimkan tim trauma healing yang dimiliki oleh PSM-PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) kita," terang Khofifah.
 
Ia mengaku prihatin atas kejadian ini dan meminta semua pihak menjadikannya pelajaran agar tak terjadi lagi di kemudian hari di mana pun.
 
"Semua Kepala Daerah saya minta melakukan pengecekan ulang atas wahana wisata yang ada. Pastikan proses kalibrasi dilakukan secara rutin. Pastikan semua alat permainan aman dan laik digunakan," imbuhnya.  
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif