Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

40 ASN Pemkot Yogyakarta Positif Covid-19

Ahmad Mustaqim • 22 Juni 2021 13:12
Yogyakarta: Sebanyal 40 apartur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta positif covid-19. Jumlah itu merupakan hasil tracing dari kasus covid-19 di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) dan sejumlah dinas di lingkungan pemerintahan tersebut.
 
"Total ASN yang positif (covid-19) ada 40-an orang," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pemkot Yogyakarta, Heroe Poerwadi dihubungi, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Heroe mengatakan, kasus covid-19 di Dinsosnakertrans ada sebanyak 30. Kantor tersebut ditutup total untuk sterilisasi dan disinfeksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang di-lokcdown hanya dinsos (Dinsosnakertrans), semuanya (pegawai) work from home," ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta ini.
 
Selain di Dinsosnakertrans, penularan covid-19 juga ditemukan di kantor Dinas Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Dinsosnakertrans menjadi instansi dengan jumlah kasus terbanyak.
 
Ia mengatakan dari empat bidang di kantor itu, hanya satu yang tidak terjadi penularan covid-19. Kondisi itu menjadi pertimbangan memutuskan Dinsosnakertrans ditutup total.
 
"Kemungkinan (penularan covid-19) dari pekerjaan memeriksa berkas-berkas dan bukti-bukti soal laporan dari masyarakat. Ada yang berkaitan sama laporan soal warga isolasi mandiri," terang Heroe. 
 
Baca: Varian Covid-19 Delta di Jatim Tersebar Melalui Transmisi Lokal
 
Heroe mengaku tingkat penularan covid-19 sangat tinggi dan begitu cepat. Meskipun, belum ada kepastian sudah masuknya varian baru covid-19 di Yogyakarta.
 
"Nanti kami cari tahu apakah ini varian baru. Tapi yang kita rasakan dalam dua minggu ini peningkatan (penularan) 30 persen, sebelumnya seminggu hanya 130 orang (terkonfirmasi positif), minggu kemarin 380 orang," beber dia.
 
Data Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyebutkan total kasus positif covid-19 hingga 21 Juni 2021 sebanyak 7.897. Sebanyak 6.736 kasus sudah sembuh, 350 kasus meninggal, dan sebanyak 811 kasus menjalani isolasi. 

 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif