Ilustrasi ikan pesut. Dokumentasi/ Antara
Ilustrasi ikan pesut. Dokumentasi/ Antara

Seekor Pesut Ditemukan Mati di Sungai Mahakam

Media Indonesia.com • 10 November 2021 09:34
Kutai Kartanegara: Seekor pesut ditemukan mati di sungai Mahakam, tepatnya di Dusun Kuyung, Desa Sembaban, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara (Kukar), Senin, 8 November 2021. Bangkai pesut pertama kali ditemukan oleh warga yang sedang berada di sungai dan langsung dievakusi untuk pemeriksaan.
 
Salah satu saksi mata, Neni Yusnita, menduga penyebab kematiannya karena setrum dan diperkirakan sudah mati selama dua hari.
 
"Ditemukan jam 10 pagi, pesutnya besar dan kulitnya terkelupas," kata Neni di lokasi, Rabu, 10 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Warga Wonogiri Diingatkan Waspada Cuaca Ekstrem
 
Sementara Peneliti pesut dari Yayasan Konservasi (YK) Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI), Danielle Kreb, menyebut pesut yang mati bernama Musmus. Musmus merupakan betina dewasa yang berproduksi dengan baik dan melahirkan bayi-bayi pesut sebelumnya. Dia memiliki rahim yang besar seperti baru melahirkan tapi kosong.
 
"Sedih sekali dengan kematian Musmus. Sebelumnya pada 5 November, ada bayi pesut juga yang mati dan kami beri nama Sahid. Kami masih mencurigai apakah Musmus dan sahid adalah induk dan bayinya," kata Danielle.
 
Dari pemeriksaan sementara, belum diketahui pasti penyebab kematian Musmus. Pasalnya Danielle tidak menemukan adanya luka atau jaring di tubuh Musmus. Bahan makanan juga ada di perut Musmus sehingga dugaan kekurangan makan juga tidak dibenarkan.
 
"Meskipun Musmus tidak memiliki gigi tersisa, tapi di perutnya ada udang dan ikan yang tersisa. Berdasarkan lapisan blubbernya yang sangat tebal, tidak ada indikasi bahwa dia memiliki kekurangan makanan," ungkap Danielle.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif