Pimpinan Redaksi dan Direktur Pemberitaan Metro TV, Arief Suditomo. MI/Susanto
Pimpinan Redaksi dan Direktur Pemberitaan Metro TV, Arief Suditomo. MI/Susanto

Dialog Kebangsaan HUT ke-77 RI, Arief Suditomo: Pendidikan Tiang Pembangunan Bangsa

Muhammad Syawaluddin • 17 Agustus 2022 12:18
Makassar: Dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar dialog kebangsaan. Salah satu pembicara dalam dialog tersebut yakni Pimpinan Redaksi dan Direktur Pemberitaan Metro TV, Arief Suditomo.
 
Arief mengatakan bahwa salah satu yang paling penting dalam menjawab tantangan zaman adalah pendidikan. Negara pun saat ini telah menyadari hal itu sehingga membuat kebijakan untuk memajukan dunia pendidikan.
 
"Pendidikan adalah tiang pembangunan yang paling penting berdasarkan konsensus kebangsaan," katanya, saat menjadi narasumber pada dialog kebangsaan yang digelar oleh UMI Makassar, Rabu, 17 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga mengatakan, konstitusi di Indonesia, bahkan di APBN 20 persen dari total sudah harus dialokasikan untuk seluruh aspek pendidikan formal. Itu merupakan suatu awal bahwa pendidikan merupakan satu cara untuk menjawab berbagai macam tantangan zaman.
 
Baca: Sambut HUT ke-77 RI, UMI Makassar Gelar Istigasah dan Dialog Kebangsaan

Bahkan katanya, pendidikan bisa mejadi jawaban bagi bangsa ini untuk keluar dari status middle income trap. Menurutnya, kegagalan sebuah bangsa keluar dari tantangan sebagai negara yang hanya bisa mendapatkan revenue atau mendapatkan penghasilan di kelas menengah salah satunya memanfaatkan pendidikan buat rakyatnya. 
 
"Itu merupakan suatu yang nyata dan masih ada di Indonesia. Kita masih belum bisa keluar dari middle income countries," jelasnya.
 
Olehnya itu kata Arief, salah satu tugas bersama di momen Kemerdekaan Indonesia ke-77 ini, untuk bagaimana meningkatkan penghasilan bangsa ini dengan cara meningkatkan taraf pendidikan masing-masing. 
 
"Saya yakin bahwa semangat yang ada di setiap institusi pendidikan itu untuk memberikan nilai tambah untuk individu, komunitas dan lebih luas lagi untuk bangsa dan negaranya," ujarnya.
 
Ia juga mengingatkan, salah satu faktor dalam human development index adalah pendidikan. Ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan elemen yang sangat penting bukan hanya di provinsi atau daerah tetapi juga komunitas bangsa-bangsa internasional.
 
"Jadi kita tidak bisa keluar dari middle income trap jika kita tidak serius meningkatkan taraf pendidikan kita," jelasnya lagi," ungkapnya.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif