Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dokumentasi/ Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dokumentasi/ Humas Pemprov Jatim

Setiap KK Korban Erupsi Semeru Dapat Huntara Seluas 10x14 Meter

Nasional Khofifah Indar Parawansa Jawa Timur Hunian Tetap (Huntap) korban erupsi Gunung Semeru
Amaluddin • 05 Januari 2022 19:34
Surabaya: Land clearing dan pemadatan hunian sementara dan tetap korban erupsi Gunung Semeru rampung 41 hektare dari total 81 hektare. Nantinya, masing-masing keluarga mendapat bagian tanah dengan bangunan ukuran 10x14 meter. 
 
"Kita semua harus mengapresiasi yang luar biasa. Saya tidak menyangka ada percepatan yang luar biasa dan penyiapan huntara ini, mulai dari proses perizinan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, land clearing juga sangat cepat, hingga sekarang sampai pada proses pemadatan akhirnya siap bangun," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat meninjau proyek hunian di Kabupaten Lumajang, Rabu, 5 Januari 2022.
 
Khofifah menjelaskan, lahan yang akan dipergunakan untuk huntara dan huntap memiliki luas 81 hektar ini, berada di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Lumajang. Lahan tersebut berkapasitas tampung sebanyak 2000 rumah lengkap fasum, fasos serta fasilitas ekonomi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 1.500 Huntara Korban Erupsi Semeru Rampung dalam 3 Bulan
 
Saat ini, lanjut Khofifah, lahan tersebut sedang dalam proses persiapan pembangunan huntara seluas 40 hektare. Tahap II selanjutnya seluas 41 hektare. Pembangunan melibatkan Tim Kodim 0821 Lumajang, Yon Zipur 10, BBWS Brantas , Polres Lumajang serta PUPR.
 
"Insya Allah jika semuanya selesei akan menjadi smart village atau Bumi Semeru Damai. Saat ini juga sedang dibangun akses jalan, saluran air serta aliran listrik. Dan yang lebih penting lagi area ini jauh dari aliran lahar dingin maupun awan panas guguran Semeru" ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengapresiasi dukungan Gubernur Khofifah. Ia mengaku, sinergitas yang terjalin antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten berjalan harmonis sehingga evakuasi dan perbaikan dapat berjalan cepat. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif