Kepala KSOP Kelas II Baubau, Jasra Yuzi Irawan. Antara/Yusran
Kepala KSOP Kelas II Baubau, Jasra Yuzi Irawan. Antara/Yusran

Arus Penumpang di Pelabuhan Murhum Mulai Ramai

Nasional Mudik Lebaran Pelabuhan Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Antara • 20 April 2022 19:41
Baubau: Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara, menyebut arus penumpang tiba atau yang turun di pelabuhan Murhum di daerah itu mulai ramai terutama pemudik dari wilayah timur. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.
 
"Ini kita lihat (penumpang mudik) sudah mulai lonjakan utamanya yang datang dari wilayah timur, seperti kemarin melalui KM Sirimau hampir sekitar 500 orang turun di Baubau, dan sebelumnya juga ada sekitar seribuan dari kapal Pelni," kata Kepala KSOP Kelas II Baubau, Jasra Yuzi Irawan, di Baubau, Rabu, 20 April 2022.
 
Baca: 9 Juta Warga Jabar Diprediksi Mudik Keluar Wilayah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan penumpang mudik cukup banyak tiba dari wilayah timur di antaranya Ambon, Ternate (Maluku) dan wilayah Papua. Untuk lonjakan pemudik di pelabuhan Murhum Kota Baubau, menurut Jasra, diprediksi mulai pada 25 April dan arus balik pada 10 Mei 2022, sehingga perilu diantisipasi.
 
Lebih lanjut dikatakannya kondisi arus mudik bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya khususnya sejak masa pandemi covid-19 pada 2020 dan 2021, arus penumpang cukup meningkat pada tahun ini.
 
"Tapi kalau dibandingkan dengan 2019 atau masih situasi normal sebelum covid-19 persentasenya luar biasa lebih tinggi penumpangnya," jelasnya.
 
Jasra menyampaikan dalam menghadapi angkutan Lebaran, pihaknya membuat beberapa langkah-langkah stategis yakni mempersiapkan armada baik kapal Pelni, Dharma Indah, dan kapal Dharma Lautan sehingga dalam angkutan Lebaran dipastikan tidak ada penumpang yang tidak terangkut.
 
"Jadi selain masalah kapasitas angkut, juga kita melakukan pengecekan (ram chek) untuk semua kapal, kita cek alat-alat keselamatannya, kita cek perwira kapalnya, sertipikat kapal, sehingga dalam angkutan lebaran ini tidak ada kapal yang tidak laik laut," ujarnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif