Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Branda Antara
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Branda Antara

Ridwan Kamil Prediksi 14,9 Juta Orang Mudik ke Jabar

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Roni Kurniawan • 19 April 2022 13:34
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), memprediksi sebanyak 14,9 juta warga mudik Lebaran 2022 ke Tanah Pasundan. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama dengan Kementerian Perhubungan.
 
Menurut gubernur yang akrab disapa Emil ini, berdasarkan data dari pemerintah pusat jumlah pemudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang. Momen mudik Lebaran tahun ini akan sama seperti pada 2019 sebelum pandemi covid-19. 
 
"Dari total 85,5 juta pemudik, yang akan mudik ke jawa barat sekitar 14,9 juta," kata Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil menuturkan, warga Jabar yang hendak mudik ke daerah lain pun diprediksi mencapai 9,2 juta orang. Hal itu, lanjutnya, membuat Jabar berstatus siaga mudik Lebaran ditengah membaiknya kasus covid-19.
 
Baca juga: 200 Ribu Warga Cirebon Diprediksi Mudik Tahun Ini
 
"Nah ini tentu siaga satu kita akan terus, karena sudah dua tahun kan tidak mudik," sambungnya.
 
Sementara itu diakui Emil, Jabar akan menyiapkan posko penunjang mudik Lebaran. Posko akan berisi petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta petugas di setiap daerah untuk pengamanan mudik Lebaran agar berjalan dengan baik.
 
"Kemudian ada sistem manajemen arus mudik pada tanggal 28, 29, 30 (April) akan ada satu arah dari arah Jakarta ke arah Cirebon, Jawa Tengah, sehingga yang dari Bandung ditanggal itu akan diatur tidak melalui tol, tapi melalui jalan primer atau arteri atau jalan biasa," ungkapnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif