Warga membawa ribuan lalat ke Kantor Kecamatan Dalopo, Madiun/metrotv
Warga membawa ribuan lalat ke Kantor Kecamatan Dalopo, Madiun/metrotv

Protes Bau Busuk Peternakan, Emak-emak Hadiahi Ribuan Lalat ke Kantor Camat

Clicks.id • 17 Mei 2022 19:38
Madiun: Sejumlah ibu dari Desa Doho, Kabupaten Madiun, Jawa Timur nekat menghadiahi ribuan lalat kepada seorang camat. Aksi ibu-ibu ini dilakukan karena jengkel bau tak sedap dari kandang peternakan ayam yang ada di tengah perkampungan.
 
Dengan membawa kertas setop map, sejumlah emak-emak dari Desa Doho ini mendatangi kantor Kecamatan Dolopo. Bukan hendak mengurus surat kependudukan, melainkan menemui camat setempat untuk memberikan hadiah spesial yaitu ribuan lalat.
 
Namun Camat Dolopo, Heri Fajar tidak ada di tempat. Warga hanya ditemui Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Sholikul Arif. Dihadapan Sekcam warga yang mayoritas ibu-ibu ini mengutarakan niatnya memberikan hadiah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awalnya Sekcam Dolopo  Sholikul nampak sumringah.  Namun saat ibu-ibu ini membuka setop map dan isinya ribuan lalat, wajahnya berubah terkejut. Senyumnya menjadi kecut.
 
Baca: Pembibitan Kerbau dan Sapi di Lebak Disetop Sementara Cegah PMK
 
"Kami membawa hadiah lalat biar pejabat merasakan apa yang mereka rasakan sehari hari. Hidup berdampingam dengan bau kotoran ayam dan serbuan lalat dari kandang ayam. " ujar Sumarni, salah satu warga.
 
Sementara pihak Kecamatan Dolopo masih akan mencarikan solusi terbaik. Persolaan tersebut sudah pernah terjadi mediasi antara warga dan pemilik ternak, namun tidak ada titik temu.
 
Pantauan di lokasi, memang menunjukan lokasi kandang samgat berdekatan dengam rumah warga, hanya berjarak 3 meter. Baunya tak sedap  sangat menyengat.
 
Bukan hanya itu, ribuan lalat setiap hari masuk rumah warga dan hinggap ke berbagai tempat sehingga mengancam kesehatan. "Kami minta dua kandang di perkampungan segera ditutup, " tandasnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif