Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki. Antonio/ Medcom.id
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki. Antonio/ Medcom.id

Populer Daerah: Bekasi Larang Takbiran Keliling Hingga Kemacetan di Pelabuhan Merak Terurai

Nasional Mudik Lebaran hari raya idul fitri banten Pelabuhan Berita Terpopuler Daerah Berita Populer Berita Populer Daerah Bekasi Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Medcom • 01 Mei 2022 07:52
Bekasi: Polres Metro Bekasi Kota melarang warga melakukan takbiran keliling. Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki, menerangkan pihaknya telah berkomunikasi dengan para tokoh agama mengenai larangan takbiran keliling tersebut.
 
"Tidak ada, kami sudah imbau kepada tokoh agama bahwa enggak ada takbiran keliling," kata Hengki di Bekasi, Sabtu, 30 April 2022.
 
Baca: Penumpang Kapal Penyeberangan Tembus 1 Juta Orang
 
Hengki menyatakan pihaknya mengimbau agar umat Muslim di Kota Bekasi melakukan takbiran di rumah ibadah terdekat.
 
"Takbiran di musala dan masjid terdekat dari rumah, enggak ada arak-arakan," jelasnya.
 
Diketahui bahwa saat ini sedang berlangsung arus mudik Lebaran 2022 atau Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Sejumlah pemudik pun telah melintasi Kota Bekasi, Jawa Barat. Baik pengendara roda dua, roda empat maupun truk.
 
Pemkot Bekasi bersama Polres Metro Bekasi Kota melakukan pengamanan di sejumlah titik.
 
Larangan takbiran keliling menjadi artikel paling banyak dibaca di kanal Daerah Medcom.id. Berita lain yang juga banyak dibaca terkait kemacetan di Terminal Bekasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penumpukan penumpang di Terminal Bekasi, Jawa Barat, disebabkan karena kemacetan lalu lintas. Pasalnya hal itu membuat keterlambatan bus yang seharusnya mengangkut penumpang di terminal tersebut.
 
Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan keterlambatan itu bukan disebabkan perusahaan otobus (PO) akan tetapi akibat kemacetan lalu lintas.
 
"Keterlambatan ini kan bukan dikarenakan kesengajaan teman-teman pengurus PO. Tapi memang karena situasi dan kondisi yang terus dinamis, sebenarnya busnya ada di terminal ini, tapi karena busnya saja yang terlambat datang," kata Tri di Bekasi, Sabtu, 30 April 2022.
 
Baca: Kantor Pemerintahan Pemkab Purwakarta Disulap Jadi Rest Area
 
Dia memastikan seluruh pengurus PO di Terminal Bekasi tidak menelantarkan penumpang dan bertanggung jawab agar penumpang yang sudah membeli tiket dapat berangkat tepat waktu ke tempat tujuan.
 
"Tidak ada pengurus PO yang menjual tiket, tapi enggak bisa memfasilitasi busnya, atau busnya enggak laik jalan. Tidak ada. Jadi pemerintah lebih concern ke sana. Ini karena kondisi lalu lintas yang macet," jelasnya.
 
Diketahui sempat terjadi penumpukan penumpang di Terminal Bekasi. Para penumpang sempat menunggu kehadiran bus yang terlambat hadir di Terminal Bekasi hingga beberapa jam.
 
Berita lain yang juga paling banyak menarik pembaca terkait kemacetan di Pelabuhan Merak berhasil diurai. 
 
Kepadatan kendaraan yang hendak memasuki Pelabuhan Merak, Banten, mulai terurai. Penumpukan kendaraan mulai dari Jalan Tol Tangerang-Merak hingga kantong parkir di dermaga Pelabuhan Merak, mulai landai.
 
"Terpantau hingga pukul 20.00 WIB, kepadatan kendaraan baik dari jalan Cikuasa Atas dan Bawah, hingga Tol Tangerang-Merak mulai landai. Walau di Tol Tangerang-Merak masih agak tersendat, tapi sudah lancar," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto Silitonga, Sabtu, 30 April 2022.
 
Baca: Atasi Macet, Pemudik Butuh Jalan Alternatif dan Informasi Arus Mudik
 
Shinto menuturkan penumpukan antrean kendaraan di setiap dermaga di Pelabuhan Merak untuk memasuki kapal pun mulai terurai. Hingga di kantong parkir di Dermaga I hingga VII terlihat sudah mulai terurai antrean kepadatan.
 
Shinto menambahkan terpantau tidak ada kejadian yang menonjol dan pergerakan penumpang kapal relatif terkendali di Pelabuhan Merak.
 
"Hingga pukul 20.00 WIB, tidak ada kejadian menonjol baik kecelakaan maupun hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.
 
Menurut Shinto terurainya kepadatan kendaraan itu tidak lepas juga permintaan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada stakeholder terkait, untuk melakukan penambahan dermaga dan hingga diperbanyaknya pengoperasian kapal.
 
"Karena ada dua tambahan dua dermaga yakni dermaga Indah Kiat dan Ciwandan, bisa mempercepat masyarakat segera berangkat dari Merak ke Bakauheni," ungkapnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif