Ilustrasi awan panas guguran Semeru. (Istimewa)
Ilustrasi awan panas guguran Semeru. (Istimewa)

Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas sejauh 5 Km

Clicks.id • 02 Februari 2022 08:19
Lumajang: Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali memuntahkan awan panas, Selasa petang, 1 Februari 2022.  Kali ini awan panas Semeru mengarah ke Besuk kobokan dengan jarak luncur hingga 5 kilometer. Tidak ada dampak akibat peristiwa fenomena alam ini.
 
Terlihat detik-detik saat Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran. Meski tertutup kabut, namun material erupsi berupa awan panas sempat terekam kamera milik relawan di Dusun Curah Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.
 
Dalam rekaman CCTV selama 54  detik itu, kepulan asap terlihat meluncur ke arah tenggara dan selatan gunung atau mengarah ke Besuk Kobokan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Kulon Progo Belum Berencana Setop PTM TK-SD
 
Data hasil pengamatan Pos Pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, terekam getaran awan panas hingga 25 milimeter, selama 1319 detik atau hampir 3,5  jam dengan jarak luncur mencapai 50 meter.
 
Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang memastikan tidak ada laporan dampak signifikan. Sebab, radius 50 meter itu masih dalam penetapan kawasan rawan bencana satu atau zona merah.
 
"Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan. Sebab selama cuaca ekstrem masih terjadi, ada potensi awan panas susulan maupun banjir lahar," ujar Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang.
 
Selain luncuran awan panas, hasil pengamatan selama enam jam terakhir, Gunung semeru juga terekam 16 kali letusan dan 24 kali tremor harmonik.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif