Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji (kiri) bersama perwakilan warga. Medcom.id/Mustaqim
Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji (kiri) bersama perwakilan warga. Medcom.id/Mustaqim

Warga Sepakat Buka Akses TPST Piyungan

Nasional pencemaran Sampah Yogyakarta Sampah plastik Kerusakan Lingkungan
Ahmad Mustaqim • 12 Mei 2022 06:37
Yogyakarta: Akses masuk ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul akan dibuka pada Kamis, 12 Mei 2022. Keputusan ini menjadi salah satu hasil perundingan perwakilan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan warga penutup akses TPST Piyungan. 
 
Perundingan perwakilan warga dengan pemerintah DIY berlangsung sekitar lima jam pada Rabu, 11 Mei 2022 di Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Meski solusi belum cepat terealisasi, TPST yang juga disebut Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Piyungan tetap segera dibuka. 
 
"Besok (Kamis, 12 Mei) sudah dibuka," kata Kepala Desa Sitimulyo, Juweni usai perundingan itu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukti hitam di atas putih telah ditandatangani perwakilan warga dengan pemerintah DIY. Selain kesediaan membuka akses TPST, dokumen itu juga berisi tuntutan warga agar pemerintah memperbaiki cara pengelolaan sampah di TPST, termasuk kebocoran air limbah (air lindi). 
 
"(Perbaikan pengelolaan air) lindi mulai akhir Juli, sudah bisa diolah," kata Juweni. 
 
Baca: Tumpukan Sampah di Yogyakarta Berdampak pada Ekonomi dan Sosial
 
Persoalan kelebihan kapasitas sampah juga masuk di dalam dokumen perjanjian itu. Pemerintah sempat memakai alternatif solusi area transisi seluas 6,5 hektare, namun warga keberatan. Akhinya, kesepakatan diambil berisi pemakaian arra transisi maksimal hingga 2025. 
 
Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji pemerintah tak akan mengambil lahan warga sekitar TPST dalam pengelolaan sampah ke depan. Artinya, pemerintah berjanji tak akan ada perluasan area TPST. 
 
Sementara, rencana pengadaan teknologi dalam pengelolaan sampah akan ditindaklanjuti Kementerian Keuangan dan Bappenas via skema KPBU. Meskipun, pemerintah DIY memiliki lahan di sekitar TPST yang telah dibebaskan. 
 
"Sekarang (wilayah TPST Piyungan) seluas 5,7 hektare nantinya akan 6,5 hektare, itu tidak dipakai untuk pembuangan tapi pengolahan sampah," ungkapnya.
 
Sebelumnya, akses pembuangan sampah di TPST Piyungan dihalangi sejumlah warga sekitar lokasi sejak Sabtu, 7 Mei. Situasi itu membuat ribuan ton sampah bertebaran di sejumlah lokasi, baik di Kota Yogyakarta, Sleman, hingga Bantul.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif