Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom/ Hendrik
Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom/ Hendrik

Penumpang Kedatangan Domestik Bandara Soetta Mencapai 84 Ribu

Hendrik Simorangkir • 03 Januari 2022 16:52
Tangerang: Pergerakan penumpang domestik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menunjukan adanya kenaikan. Angka itu menyentuh 84 ribu pada Minggu, 2 Januari 2022, untuk penumpang kedatangan di bandara tersebut.
 
"Sebelum tahun baru dan setelah Natal, pada 25 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022 itu sampai 60-70 ribu. Sekarang pada 2 Januari ini sekitar 84 ribu penumpang kedatangan," kata Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, Senin, 3 Januari 2022.
 
Baca: Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 150 Meter

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Holik menuturkan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terdapat kenaikan penumpang kedatangan domestik sebesar 22%.
 
"Kalau tahun lalu periode Natal dan Tahun Baru sebanyak 1.114.000 penumpang, kalau sekarang sekitar 1.359.000 penumpang. Itu total ya," jelasnya.
 
Menurut Holik terdapat lima daerah yang menjadi penyumbang penumpang kedatangan domestik terbanyak masuk Bandara Soekarno-Hatta. "Yang mendominasi kedatangan penumpang domestik itu dari Bali dan Kualanamu. Kemudian dari daerah Makassar, Surabaya, dan Pontianak," ungkapnya.
 
Holik menambahkan tidak adanya peningkatan yang signifikan terkait kedatangan penumpang Internasional yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta.
"Sebanyak 2 ribu orang yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Itu mayoritas warga negara Indonesia (WNI) yang datang," beberrnya.
 
Holik menjelaskan mengantisipasi lonjakan penumpang domestik yang tiba, pihaknya telah mengoperasikan Terminal 1 A. Sementara terkait kedatangan Internasional, pihaknya pun telah mengoperasikan Terminal 2 F.
 
"Tapi keberangkatan (domestik) tetap di Terminal 2. Seperti Air Asia, Lion, Batik, Sriwijaya, itu kita kalau sedang flight hectic kita alihkan ke Terminal 1A. Kalau Internasional juga sama, kita operasikan Terminal 2F, untuk kedatangannya," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif