Ilustrasi PTM Terbatas. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Ilustrasi PTM Terbatas. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Pelajar Kota Solo Wajib Bermasker di Sekolah

Triawati Prihatsari • 23 Mei 2022 12:50
Solo: Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, tetap mewajibkan siswa sekolah memakai masker, meskipun Presiden Jokowi melonggarkan kebijakan pemakaian masker di tempat terbuka, Aturan siswa tetap bermasker dituangkan dalam surat edaran (SE) terbaru penanganan covid-19 yang berlaku mulai pekan ini.
 
"SE terbaru, khususnya di dunia pendidikan. Di lingkungan pendidikan, anak-anak wajib bermasker. Tidak hanya anak-anak saja, seluruh sivitas pendidikan di sekolah harus tetap mengenakan masker mulai dari datang ke sekolah hingga pembelajaran usai," ujar Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, di Solo, Jawa Tengah, Senin, 23 Mei 2022.
 
Dia mengatakan, regulasi tersebut tidak berlaku untuk masyarakat umum. Dengan demikian, warga bebas mengikuti intruksi Presiden Jokowi ataupun memilih arahan Wali Kota Solo untuk tetap bermasker. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, dia mengakui sudah banyak masyarakat di Solo yang mulai melepas masker khususnya saat berada di ruang terbuka. Namun secara persentase diklaim masih lebih banyak yang mengenakan masker.
 
Baca jaga: Presiden Longgarkan Pemakaian Masker, Gibran: Jangan Buru-buru
 
"Kalau Pak Wali (Wali Kota Solo) kan menunggu dari Pak Gubernur. Biarpun di lingkungan masyarakat sudah ada yang membuka masker, tapi 75 persen masih bermasker. Ini harus disyukuri karena masyarakat sadar bahwa memakai masker demi kesehatan. Nanti aturannya siswa wajib bermasker dituangkan dalam SE berlaku mulai 24 Mei hingga 6 Juni 2022," bebernya.
 
Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memilih untuk tetap mengetatkan pemakaian masker termasuk di ruang terbuka. Dia mengimbau masyarakat tidak lalai dengan kondisi covid-19 yang telah landai saat ini.
 
"Saya menunggu Pak Gubernur. Intinya di sini (Solo) masih memakai masker dulu lah, meskipun kasusnya sudah hampir tidak ada. Kita tetap harus waspada dulu," ungkap Gibran.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif