Screening calon penerima vaksin covid-19 Merah Putih. (Metro TV)
Screening calon penerima vaksin covid-19 Merah Putih. (Metro TV)

Vaksin Merah Putih Kantongi Sertifikat Halal MUI

MetroTV • 10 Februari 2022 12:29
Surabaya: Vaksin merah putih buatan Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis, yang telah diuji klinis pada Rabu, 9 Februari 2022, telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sertifikat halal vaksin tersebut, berlaku hingga lima tahun ke depan.
 
"Vaksin tersebut diberi nama Asarscov-Two Inactivated Vaccine sudah mendapat sertifikat halal dari MUI,“ ujar Rektor Airlangga Surabaya, Mohammad Nasih, di Surabaya,Kamis, 10 Februari 2022.
 
Nasih berharap vaksin yang sudah mendapatkan izin dari MUI mendapat kepercayaan dari masyarakat. Temasuk animo menggunakan vaksin dalam negeri bisa meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Permintaan Pemakaman dengan Protokol Covid-19 di Tangsel Naik
 
Ia menambahkan sertifikat halal vaksin itu berlaku hingga 6 Februari 2026. Label halal juga bisa diperpanjang.
 
"Saat perpanjangan, MUI juga akan mengecek kembali apakah bahan-bahan yang digunakan sudah memenuhi syarat kehalalan," imbuhnya.
 
MUI sebelumnya sudah mengunjungi pabrik PT Biotis, selaku produsen vaksin merah putih yang ada di Bogor, Jawa Barat, serta melihat bahan pembuatannya untuk fatwa halal.
 
Sertifikat halal juga sangat penting untuk mendukung program pemerintah menjadikan vaksin merah putih sebagai donasi, terutama negara-negara yang capaian vaksinasinya rendah dan negara-negara Islam. (Catur Irawan)

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif