Ilustrasi tenaga kesehatan. Foto: Dok/Medcom.id
Ilustrasi tenaga kesehatan. Foto: Dok/Medcom.id

Penyebab Utama Banyak Nakes di Bangkalan Gugur di Masa Covid-19

Nasional covid-19 pandemi covid-19 Kematian tenaga kesehatan
MetroTV • 01 Juli 2021 13:57
Jakarta: Melonjaknya kasus covid-19 khususnya di Pulau Jawa menyebabkan banyak tenaga kesehatan (nakes) terpapar dan akhirnya meninggal. Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Jawa Timur Sudiyo menyatakan hal tersebut diakibatkan nakes yang kelelahan bekerja 24 jam nonstop.
 
"Jadi faktor utama penyebabnya adalah kelelahan, bekerja siang malam sehingga memicu antibodi dari pada nakes menurun," ungkap Sudiyo dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 1 Juli 2021.
 
Menurut data terbaru terdapat 272 nakes di wilayah Bangkalan telah terpapar covid-19. Sedangkan nakes yang meninggal mencapai 8 orang, dengan rincian 1 dokter Radiologi di rumah sakit (RS) dan 7 lainnya menyebar di beberapa Puskesmas seperti perawat dan bidan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Walau banyak nakes yang sudah mendapat vaksinasi, namun faktor kelelahan melayani lonjakan pasien menjadi penyebab permasalahan yang menimpa sektor hulu atau rumah sakit.
 
"Terjadinya konfirmasi itu dipicu karena adanya lonjakan kasus dan secara umum vaksinasi di Kabupaten Bangkalan belum maksimal," ujarnya.
 
Melihat kondisi kritis ini, Sudiyo berharap agar pemerintah pusat dapat segera memberikan bantuan. Mengingat Fasilitas Kesehatan yang ada di Bangkalan sangat terbatas.
 
"Di Bangkalan ini aksesnya sangat terbatas RSU (Rumah Sakit Umum) ini adalah satu-satunya RS rujukan yang ada di Bangkalan," tandasnya. (Nuansa Islami)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif