ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

62 Ribu Buruh di Sulsel Akan Terima Subsidi Upah

Muhammad Syawaluddin • 02 Desember 2021 22:29
Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan memberikan bantuan berupa subsidi upah (BSU) kepada 62.250 pekerja atau buruh yang ada di Sulawesi Selatan. Bantuan tersebut atas kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.
 
Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulsel, Tautoto Tanaranggina, mengatakan kebijakan tersebut merupakan hasil perjuangan Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, yang menginginkan para pekerja untuk menerima bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja.
 
"62.250 orang dari Sulawesi Selatan akan menerima BSU dan disetujui untuk mendapatkan BSU tahap II tahun 2021 ini," kata Tautoto di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 2 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tekan Angka Kemiskinan, Herman Deru Luncurkan Sumsel Mandiri Pangan
 
Dia menjelaskan setiap buruh atau pekerja sebanyak puluhan ribu orang itu akan mendapatkan sekitar Rp1 juta per orang. Subsidi Gaji diberikan dengan tujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak covid-19.
 
"Sulawesi Selatan mendapatkan sekitar 12% kuota dari total tahap perluasan penerima BSU," jelasnya.
 
Tautoto yang juga mantan Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan itu menyebut angka puluhan ribu pekerja itu masih memiliki kemungkinan untuk bertambah, lantaran pemerintah pusat tengah menargetkan penerima bantuan itu hingga jutaan orang.
 
"Data itu bisa saja akan bertambah, dengan target hingga akhir tahun penerima BSU tahap perluasan sebanyak 1,7 juta orang," ungkapnya.
 
Sementara Andi Sudirman merasa bersyukur adanya kuota bagi pekerja dan buruh di Sulsel yang menerima bantuan subsidi upah ini.
 
Ia juga mengatakan subsidi gaji ini merupakan program pemerintah untuk membantu pekerja bertahan di tengah pemberlakuan PPKM saat pandemi covid-19. Dalam program BSU, Pemerintah menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk menentukan peserta.
 
"Alhamdulillah, ini merupakan perjuangan kita bersama, bagaiman memperhatikan hak-hak bagi buruh, apalagi mereka juga terdampak pada pandemi covid-19 saat ini," ungkap Andi.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif