Operasi siaga 2020 di Natuna. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).
Operasi siaga 2020 di Natuna. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).

Berunding Berarti Menjerumuskan Natuna ke Sengketa

Nasional Laut Natuna Utara
Daviq Umar Al Faruq • 06 Januari 2020 08:57
Malang: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, belum bisa memastikan adanya konflik militer terkait pelanggaran batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia yang dilanggar penjaga pantai Tiongkok. Dia menekankan Penjaga Pantai (Coast Guard) Tiongkok bakal diusir dari wilayah Indonesia.
 
"Kita lihat sajalah. Pokoknya kita tidak mau ada negosiasi, kalau mereka masuk, akan kita usir," katanya usai menghadiri Dies Natalies Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, Minggu, 5 Januari 2020.
 
Mahfud menambahkan kapal-kapal militer milik TNI telah dikerahkan untuk menjaga perairan Natuna. Perairan tersebut sepenuhnya milik Indonesia berdasar hukum internasional Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kapal militer sudah siap-siap, kan sudah diumumkan, sudah persiapan ke sana. Apa pun yang kita miliki harus kita gunakan untuk menjaga kedaulatan kita," tegasnya.
 
Mahfud menegaskan pihaknya bakal meningkatkan patroli di sekitaran perairan Natuna. Patroli dilakukan untuk mengantisipasi pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh kapal ikan asing di wilayah ZEE Indonesia.
 
"Sudah diputuskan, patroli akan diperkuat. Jadi penguatan kapal-kapal yang sekarang ada di tempat lain dikerahkan ke sana untuk menghalau. Kita tidak berperang, tapi menghalau untuk menjaga daerah kita sendiri," jelasnya.
 
Mahfud mengaku hingga saat ini tidak membentuk tim negosiasi. Dia menilai bila mau berunding, maka sama saja Indonesia mengakui perairan Natuna menjadi sengketa.
 
"Kita akan pertahankan kedaulatan kita, karena itu adalah tugas konstitusional setiap aparat negara dan semua rakyat untuk mempertahankan daerah itu," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif