Sungai Ciileungsi tercemar limbah pabrik. Foto: ANT/Yulius Satria Wijaya
Sungai Ciileungsi tercemar limbah pabrik. Foto: ANT/Yulius Satria Wijaya

3 Camat Ditugaskan Deteksi Pencemar Sungai Cileungsi

Nasional pencemaran sungai
Antara • 18 Oktober 2019 12:26
Cibinong: Tiga camat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diinstruksikan khusus memantau Sungai Cileungsi agar terhindar pencemaran lingkungan. Diduga sejumlah perusahaan membuang limbah ke sungai
 
"Kami sudah menugaskan Camat Cileungsi, Gunung Putri dan Klapanunggal untuk mendeteksi perusahaan-perusahaan yang diindikasikan membuang limbah ke sungai," ujar Bupati BogorAde Yasin di Cibinong, Bogor, Kamis, 17 Oktober 2019.
 
Langkah itu dilakukan agar air Sungai Cileungsi bisa kembali dikonsumsi masyarakat. Kondisi Sungai Cileungsi sekarang berwarna hitam pekat diduga tercemar limbah berbagai industri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ade enggan menghukum pencemar Sungai Cileungsi dengan ancaman tindak pidana ringan (tipiring). Melainkan bakal berlandaskan Undang-undang Lingkungan Hidup.
 
"Yang sudah diproses itu 11 perusahaan, tapi ternyata prosesnya hanya tipiring saja. Sekarang kami sepakat dengan kejaksaan dan pengadilan agar kasus pencemaran ditangani khusus memakai Undang-undang Lingkungan Hidup," tegas dia.
 
Dia mengatakan menerapkan Undang-undang Lingkungan Hidup di Kabupaten Bogor untuk pencemar lingkungan bukan hal sulit. Ade mengungkap Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Irfanudin, merupakan hakim yang bersertifikasi bidang Lingkungan Hidup.
 
PN Cibinong tidak perlu mendatangkan hakim khusus dari luar Bogor untuk menyidang pencemar Sungai Cileungsi sesuai aturan hukum Lingkungan Hidup.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif