Penangkapan pelaku kejahatan di Polres Metro Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus
Penangkapan pelaku kejahatan di Polres Metro Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus

Remaja Dominasi Pelaku Kejahatan di Depok

Nasional kejahatan
Octavianus Dwi Sutrisno • 26 Desember 2019 16:50
Depok: Pelaku kejahatan jalanan di Kota Depok, Jawa Barat, didominasi remaja mulai umur 18 tahun. Kapolres Metro Depok AKBP Azis Andriansyah mengatakan para remaja pelaku kejahatan itu dinilai masih mencari jati diri.
 
"Mereka biasanya berkumpul, lalu mabuk dan beraksi bersama-sama. Seperti mencuri properti pedagang kaki lima atau membegal pedagang nasi goreng di jalan. Hasilnya, hanya untuk hura-hura," Kata Azis saat rilis akhir tahun di Mapolres Metro Depok, Kamis, 26 Desember 2019.
 
Dia mengungkap sekira 30 persen remaja terlibat dalam kasus kriminalitas jalanan. Dia menerangkan pada 2019 terjadi peningkatan sekira lima persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kasus yang kami lihat seperti narkoba mereka ikut-ikutan mengedarkan ganja dalam jumlah kecil yang dijual kecil-kecilan juga. Begitu juga, ketika mencuri motor. Jawabannya sama hanya untuk senang-senang," tegasnya.
 
Azis menyatakan para remaja perlu bimbingan dalam lingkungan pergaulan. Pihaknya berupaya menyosialisasikan tren kejahatan jalanan ke remaja.
 
"Berbagai cara kami lakukan, mulai dari merancang kegiatan positif seperti lomba olahraga maupun kegiatan kepemudaan. Juga pendekatan personel di wilayah sekolah dan kampus," jelasnya.
 
Sementara itu, perkara narkoba di Kota Depok mengalami peningkatan pada 2019. Total barang bukti yang disita ganja 68 kilogram, sabu dua kilogram, dan empat butir ekstasi.
 
"Sedangkan tahun 2018 barang bukti narkoba yaitu jenis sabu hanya 583 gram. Ini membuktikan ada kenaikan sekitar 30 persen," bebernya.

 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif