Presiden Joko Widodo meresmikan Yogyakarta Intenational Airport, Jumat (28/8).Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Presiden Joko Widodo meresmikan Yogyakarta Intenational Airport, Jumat (28/8).Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Jokowi Resmikan Bandara Internasional Yogyakarta

Nasional Bandara Yogyakarta International Airport
Ahmad Mustaqim • 28 Agustus 2020 10:55
Kulon Progo: Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, 28 Agustus 2020. Selain bandara, Presiden Jokowi juga meresmikan fasilitas pendukung lainnya.
 
"Bandara Internasional Yogyakarta telah selesai 100 persen. Bandara ini dikerjakan dengan sangat cepat, yakni 20 bulan," kata Presiden Jokowi di YIA, Jumat, 28 Agustus 2020.
 
Dia mengatakan, YIA memiliki kelebihan ketimbang Bandara Adisutjipto, Sleman, DIY. Jokowi mengungkap, YIA punya panjang landasan 3.250 meter, lebih panjang ketimbang Bandara Adisutjipto yang hanya 2.200 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, luas terminal YIA 210 ribu meter persegi dan diperkirakan bisa melayani 14 juta hingga sekitar 20 juta penumpang setahun. Sedangkan Bandara Adisutjipto dengan kapasitas 1,8 juta penumpang per harus bisa melayani hingg 8,4 juta penumpang.
 
Baca:Garuda Buka Rute Baru di Bandara Internasional Yogyakarta


Data PT Angkasa Pura menyebut, YIA bisa digunakan untuk penerbangan pesawat jenis 777 dengan beban angkut kapasitas 30-40 ton. Sementara, pesawat jenis 330 hanya mampu mengangkut beban maksimal 25 ton.
 
"Total biaya pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta 11,3 triliun. Meliputi untuk pembebasan lahan sampai konstruksi," ujarnya.
 
Presiden menambahkan, pengerjaan YIA dilakukan dengan sangat baik di antara yang lain. Dia berharap, bandara tersebut bisa segera beroperasi maksimal.
 
"Saya bisa memaklumi, di masa pandemi bandara belum cukup ramai. Saya yakin bandara ini akan menjadi paling ramai," ujarnya.
 
Baca:AP I Buka Penerbangan Internasional Rute Yogyakarta-Singapura
 
Selain bandara, Presiden Jokowi juga meresmikan fasilitas penunjang lain di YIA. Fasilitas itu yakni menara AirNav dan sistem peringatan dini tsunami.
 
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, berterima kasih telah bisa menjalin kerja sama dengan PT Angkasa Pura. Ia menginginkan bandara YIA bisa dimanfaatkan dengan maksimal.
 
"Harapan saya, Bandara Internasional Yogyakarta bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat," ungkapnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif