Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

RSPTI Unair Jadi Rujukan Persalinan Bumil Positif Covid-19

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 30 Juni 2020 17:39
Surabaya: Perawatan ibu hamil positif covid-19 akan dipusatkan di Rumah Sakit Penyakit Tropic Infeksi (RSPTI) Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. Penyediaan RSPTI lantaran RSUD Dr Soetomo telah kelebihan kapasitas.
 
"Karena di RS Soetomo sudah overload pasti tidak maksimal melayani. Saat ini (RSPTI) sedang dipersiapkan, semoga minggu ini selesai," kata Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, di Surabaya, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Menurut Joni, ibu hamil terkonfirmasi positif covid-19 terus berdatangan ke RSUD Dr Soetomo, meski telah overload. Sehingga banyak yang tak mendapatkan ruang isolasi khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan, mayoritas kasus pasien hamil merupakan rujukan. Namun mereka yang dirujuk ke RSUD Dr Soetomo justru tanpa koordinasi dari faskes tingkat pertama.
 
"Kami telah merawat 35 ibu hamil positif covid-19. Kalau tidak salah sekarang tinggal tujuh orang. Alhamdulillah semuanya selamat, dan bayinya juga sehat," kata dia.
 
Baca juga:Sekeluarga di Bantul Terjangkit Covid-19
 
Selain RSPTI Unair, Joni juga memaksimalkan Rumah Sakit Lapangan Covid-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, untuk dikembangkan merawat pasien covid-19 bergejala klinis berat dan kritis.
 
"Kedepan kita tingkatkan tidak hanya merawat pasien ringan, tapi juga yang berat dan kritis. Tadi sore sudah ada rapat dengan Pangkogabwilhan II, karena ini kebutuhan masyarakat," ungkapnya.
 
Joni melanjutkan RS Lapangan Covid-19 akan ditambah kapasitasnya hingga 500 tempat tidur. Termasuk menyediakan 10 unit ruang perawatan intensif (ICU) dan 20 ruang high care unit untuk pasien klinis berat dan kritis.
 
"Kami juga berharap RSUD Bhakti Dharma Husada milik Pemkot Surabaya dinaikkan statusnya, dari menangani pasien covid-19 gejala ringan dan sedang menjadi RS Covid-19 gejala berat," jelasnya.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif