Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin

Jatim Bangun Lumbung Pangan Pengganti Operasi Pasar

Amaluddin • 20 April 2020 04:13
Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendirikan Lumbung Pangan Jatim sebagai ganti operasi pasar jelang Ramadan. Lumbung pangan ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Lumbung pangan dibangun di lokasi strategis yang mudah diakses seluruh warga. Untuk Surabaya, lumbung pangan dibangun di Gedung Jatim Expo International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.
 
"Karena sekarang di larang ada kegiatan, maka kita manfaatkan gedung itu sebagai tempat lumbung pangan. Posisinya di Jatim Expo," kata kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam, 19 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai jenis dan macam bahan pokok tersedia di lumbung pangan. Misalanya, beras, gula, telur, daging ayam beku, bawang putih, ikan beku, minyak goreng, sosis, dan mi instan. Khofifah memastikan harga sembako di lumbung pangan lebih murah dari harga pasaran.
 
Gula dengan harga pasaran Rp18.500 per kilogram, dijual di lumbung pangan dengan harga Rp12.500 per kilogram. Contoh lain, harga telur per kilogram di lumbung pangan selisih Rp3.000-Rp3.500 lebih murah dari harga pasaran.
 
"Semua sembako harganya di bawah harga pasar. Masyarakat tidak perlu panik, karena ketersediaan sembako kita cukup banyak," jelas Khofifah.


Langsung, pre-order drive thru, dan online

Direktur Utama PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim, Erlangga Satriagung, menyebut ada dua opsi bagi masyarakat yang ingin membeli sembako di Lumbung Pangan Jatim. Warga Bisa membeli secara langsung atau juga bisa memesan secara online.
 
"Barang akan dikirim via ojek online dan gratis ongkos kirim," kata Erlangga.
 
BUMD Jatim ini juga menyediakan mekanisme drive thru dengan sistem full IT bagi warga yang ingin datang langsung ke Lumbung Pangan Jatim. Warga bisa memesan terlebih dahulu belanjaan, menentukan waktu penjemputan, dan mengambil pesanan tanpa harus turun dari kendaraan.
 
Kami juga menyiapkan pesanan Pre Order, serta membikin janji kapan akan diambil pesanannya, dan pada saat pengambilan tidak perlu turun kendaraan," kata Erlangga.
 
Namun, Erlangga belum menjelaskan detail teknis cara untuk akses pemesanan secara online. Lumbung pangan akan diresmikan Gubernur Khofifah pada Selasa, 21 April 2020.
 
"Kami sudah mempersiapkan Lumbung Pangan Jatim ini, dan baru dioperasionalkan resmi melayani masyarakat pada Selasa besok lusa," kata Erlangga.
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif