Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin

Khofifah Larang Perantau Asal Jatim Kembali ke Jakarta

Nasional Virus Korona mudik
Amaluddin • 26 Mei 2020 23:09
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta perantau asal Jatim tidak kembali ke Jakarta. Mereka boleh kembali dengan syarat telah selesai menjalani masa karantina, dan dinyatakan sehat.
 
"Yang kemarin sempat mudik ke berbagai daerah di Jatim, jangan dulu kembali ke Jakarta. Seleseikan observasi dan sampai dinyatakan sehat dengan menunjukkan hasil rapid test dan swab PCR," kata Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa malam, 26 Mei 2020.
 
Kata Khofifah, imbauan ini sesuai dengan apa yang diinstruksikan pemerintah pusat. Ia tak ingin perantau menimbulkan persoalan baru di ibukota, akibat munculnya klaster baru penyebaran covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Episentrum penyebaran covid-19 ada di Jakarta, jangan sampai terjadi ledakan pasien positif covid-19 lagi. Mohon untuk bersabar dan tidak gegabah," ujarnya.
 
Terlebih lagi, lanjut Khofifah, PSBB DKI Jakarta diperpanjang hingga tanggal 4 Juni 2020 mendatang. Namun, Khofifah mempersilakan masyarakat Jatim kembali ke Jakarta jika sangat mendesak dan penting.
 
"Kecuali mendesak dan memang urusan dinas, dipersilahkan. Meski demikian semua protokol kesehatan tetap wajib dipenuhi," kata Khofifah.
 
Menurut Khofifah, perantau jangan takut kehilangan penghasilan selama masih di kampung halaman. Terlebih saat ini jumlah e-commerce pun semakin banyak dan tentunya membuka banyak peluang usaha dengan pasar yang jauh lebih luas.
 
"Pasca munculnya covid-19, gelombang transformasi bisnis ke ranah daring atau online semakin cepat. Saya yakin jika kita bisa beradaptasi dengan cepat, maka peluang pun semakin besar. Terkait modal, saat ini banyak peluang usaha dengan menjadi reseller atau drop shipper tanpa butuh modal besar," katanya.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif