Dokter Forensik rumah sakit Bhayangkara, Indra Sakti Nasution. Foto: Gonti Hadi Wibowo/medcom.id
Dokter Forensik rumah sakit Bhayangkara, Indra Sakti Nasution. Foto: Gonti Hadi Wibowo/medcom.id

ART Diduga Buang Bayi ke Mesin Cuci

Nasional penemuan bayi
Gonti Hadi Wibowo • 05 November 2019 16:52
Palembang: Bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan di dalam mesin cuci, di sebuah rumah, di Jalan Telaga no.9 RT41 RW14, Kelurahan Ilir Barat I, Palembang, Sumatra Selatan, pada Senin, 4 November 2019. Bayi malang itu meninggal setelah mendapat perawatan di rumah sakit.
 
"Hasil visum dari bayi ditemukan sejumlah luka di leher bagian kiri dan bibir bagian atas," ujar Dokter Forensik Rumah Sakit Bhayangkara, Indra Sakti Nasution, di RS Bhayangkara, Palembang, Selasa, 5 November 2019.
 
Indra belum bisa memastikan penyebab kematian bayi laki-laki tersebut karena hanya melakukan visum luar. Dia mengungkap keterangan penyidik kepolisian mengatakan bayi langsung dimasukkan ke dalam mesin cuci sesaat setelah dilahirkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi bayi itu memang lahir sudah waktunya karena sang ibu itu usia kehamilannya itu sembilan bulan. Lahirnya itu secara normal," jelasnya.
 
Informasi yang dihimpun, bayi malang itu diduga anak dari asisten rumah tangga (ART) yang bekerja di rumah tersebut, bernama Sutinah. Seorang ART lainnya, Sulastri, 47, sempat mencurigai Sutinah yang mengunci diri di kamar mandi pada 4 November 2019.
 
Sulastri mengaku sempat bertanya ke Sutinah yang berada di dalam kamar mandi. Sutinah menjawab sedang sakit perut.
 
Dia melanjutkan sesuai mengunci diri di kamar mandi, Sutinah berganti pakaian dan langsung naik ke lantai dua rumah. ART lainnya, Dedek Wulandari, mendapati wajah Sutinah pucat dan mengajaknya ke Rumah Sakit Siloam Palembang.
 
"Saat akan mengantar itu mendengar tangisan bayi," ucap Sulastri.
 
Sulastri kemudian mencari asal suara, dan menemukan bayi laki-laki dibalut handuk dan dibungkus kantong plastik di dalam mesin cuci. Bayi saat ditemukan dengan kondisi lemas dan masih bernapas. Sulastri dan Dedek segera membawa bayi malang itu dan Sutinah ke RS Siloam.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif