Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Jepara Kekurangan 30 Ribu Blangko KTP-el

Nasional e-ktp
Rhobi Shani • 29 Oktober 2019 13:58
Jepara: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kekurangan 30 ribu lebih blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Terakhir Disdukcapil Jepara melakukan pencetakan KTP-el pada 21 Oktober 2019.
 
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Jepara, Susetyo, mengatakan kekurangan blangko KTP-el sudah disampaikan kepada pemerintah pusat kemarin, Senin, 28 Oktober 2019. Pekan lalu pihaknya terakhir melakukan pencetakan, yaitu sebanyak 500 keping.
 
"Setelah pemilu ini kiriman dari pusat sedikit-sedikit. Rata-rata setiap bulan hanya 1.000 keping. Tapi kemarin pas sebelum pemilu, sekali kirim bisa 40 ribu keping,” ujar Susetyo ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 29 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini jumlah warga yang merekam data kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Jepara setiap hari rata-rata 50 orang. Warga yang merekam data kependuduk didominasi warga yang baru berusia 17 tahun.
 
“Kalau perekaman warga yang lama-lama sudah dari awal-awal. Bahkan kami sampai jemput bola ke kecamatan-kecamatan. Kalau sekarang yang perekaman tinggal yang baru-baru,” kata Susetyo.
 
Jumlah warga Bumi Kartini hingga kini yang sudah merekam data kependudukan sebanyak 900 ribu lebih jiwa. Namun, sebanyak 30 ribu jiwa lebih belum mengantongi KTP-el.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif