Sebuah helikopter dari BNPB lepas landas dari lapangan milik warga untuk melakukan
Sebuah helikopter dari BNPB lepas landas dari lapangan milik warga untuk melakukan "water bombing" di lereng Gunung Ciremai di Kuningan, Jawa Barat, Jumat (9/8/2019). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.

343 Hektare Kawasan Edelweis di Gunung Ciremai Terbakar

Nasional kebakaran gunung
Ahmad Rofahan • 14 Agustus 2019 19:26
Kuningan: Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan menyatakan bahwa kebakaran yang terjadi di puncak Gunung Ciremai telah padam. Namun akibat peristiwa tersebut, kawasan tumbuhnya Bunga Edelweis seluas 343 hektare hangus terbakar.
 
Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin mengatakan lokasi kebakaran terjadi di habitat edelweis yang masuk di wilayah Kuningan dan Majalengka dengan luas 343 hektare.
 
"111 hektare masuk wilayah Kuningan, sedangkan 232 hektare masuk wilayah Majalengka," kata Agus saat dikonfirmasi, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus mengungkapkan habitat Bunga Edelweis yang terbakar berada pada ketinggian 2.600 Mdpl hingga 3.078 Mdpl. Tingginya lokasi kebakaran membuat operasi pemadaman cukup terkendala.
 
"Kendala dalam pemadaman ini, salah satunya karena lokasinya berada di puncak. Selain itu, lokasinya juga sangat terjal," jelas Agus.
 
Sebelumnya puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat mengalami kebakaran hebat. Kebakaran mulai terlihat sejak 7 Agustus 2019.
 
Selain menggunakan pemadaman secara manual, pemadaman kebakaran ini juga menggunakan helikopter water bombing yang didatangkan oleh Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif