Buya Syafii Maarif. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Buya Syafii Maarif. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Semangat Nilai-Nilai Perdamaian Buya Syafii Perlu Diteruskan Cendekiawan Muslim Lainnya

Ahmad Mustaqim • 27 Mei 2022 20:02
Yogyakarta: Wafatnya Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii meninggalkan duka mendalam bagi banyak pihak. Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Najib Azca menjadi salah satu yang merasa kehilangan. 
 
Najib mengatakan almarhum Buya Syafii selama hidup konsisten memperjuangkan nilai-nilai perdamaian. Menurutnya, sikap Buya Syafii tak banyak dimiliki tokoh Islam lainnya. 
 
"Pak Syafii ini satu dari sangat sedikit tokoh Muslim yang konsisten dan istiqomah memilih dan mendukung nilai-nilai perdamaian yang genuine (asli)," ujar Najib di Masjid Besar Kauman Yogyakarta, Jumat, 27 Mei 2022. 
 
Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengungkapkan sikap demikianlah yang membuat Buya Syafii dicintai berbagai kalangan. Bahkan, kata dia, kecintaan itu ditunjukkan dari seluruh komunitas agama baik Muslim maupun Nonmuslim. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bima Arya: Sosok Guru Bangsa Seperti Buya Syafii Sulit Ditemukan
 
Najib mengatakan Buya Syafii juga sosok intelektual yang memikirkan masa depan bangsa. Bahkan, berbagai pemikiran Buya Syafii dalam hampir semua isu mengedepankan kepentingan jangka panjang.  
 
Ia menambahkan, sikap dan tindakan Buya Syafii perlu diteruskan generasi muda Muslim. Termasuk dalam hal intelektual dan spirit menjaga perdamaian. 
 
"Ini perlu terus menerus dirawat sehingga kita tidak kehilangan spirit intelektual dan kultural beliau," ungkapnya. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif