Wapres Ma'ruf Amin meresmikan digitalisasi pertanian. Foto: Dok/Metro TV
Wapres Ma'ruf Amin meresmikan digitalisasi pertanian. Foto: Dok/Metro TV

Wapres Resmikan Digitalisasi Pertanian

MetroTV • 23 Maret 2022 10:06
Bandung: Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menghadiri acara peresmian peluncuran digitalisasi pertanian di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Bandung, Jawa Barat. Ma'ruf mengapresiasi program SDM unggul di bidang teknologi pertanian, perdagangan, dan perindustrian pondok pesantren.
 
Didampingi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ma'ruf menyampaikan dalam upaya memakmurkan bumi perlu SDM unggul di bidang teknologi pertanian, perdagangan, dan perindustrian.
 
Peran pesantren di bidang pertanian dan perdagangan sangat besar khususnya dalam turut serta memajukan perekonomian. Pondok pesantren selain sebagai lembaga pendidikan dan dakwah juga memiliki fungsi sebagai pemberdaya ekonomi masyarakat seperti koperasi pondok pesantren.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pesantren punya fungsi selain sebagai pusat pendidikan yang mendidik santri-santri yang paham agama, pusat dakwah islamiah juga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat sehingga pesantren dapat menjadi pusat pengembangan ekonomi," kata Ma'ruf dalam tayangan, Headline News di Metro TV, Selasa, 22 Maret 2022.
 
Seperti upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Al Ittifaq yang diwujudkan melalui sebuah usaha dengan nama Alif Mart yang telah memberdayakan 270 petani dari 9 kelompok petani di 3 kabupaten.
 
Mantan Ketua MUI itu mengapresiasi supermarket Alif Mart karena menerapkan pola tanam sesuai dengan permintaan pasar. Dimana mengadopsi good agricultural practices dan good handling practices. (Paulina Wijaya)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif