Arus kendaraan saat melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung. Lampost.co/Sukisno
Arus kendaraan saat melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung. Lampost.co/Sukisno

JJTS Siapkan Skema Urai Macet Mudik di Tol Lampung

Nasional Mudik Lebaran Bandar Lampung Lebaran 2022 Lampung Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Lampost • 26 April 2022 14:37
Bandar Lampung: Pengelola Jalan Tol Trans Sumatra (JJTS) menyiapkan beberapa skema guna mengurai potensi kepadatan arus mudik pada 29-30 April 2022 dan puncak arus balik pada 7-8 Mei 2022.
 
Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menyampaikan, potensi kemacetan akan terjadi di GT Kayu Agung Utama, GT Kotabaru, dan GT Bakauheni Selatan. Pihaknya mengaku telah melakukan peningkatan kapasitas gerbang Bakauheni Selatan dan Kota Baru, penambahan mobile reader untuk percepatan transaksi, bantuan tapping oleh petugas, menyiagakan teknisi peralatan tol, serta membuka semua gardu operasi.
 
"Jika kepadatan tetap terjadi di jalur tol, Hutama Karya akan melakukan beberapa skema," katanya, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Skema tersebut adalah penguraian antrean di GT Bakauheni Selatan dengan pengalihan arus menuju Gerbang Tol Bakauheni Utara, penguraian antrean pada GT Kotabaru dengan pengalihan arus menuju GT Lematang dan GT Natar, antisipasi kepadatan lalu lintas menggunakan skema contra flow dengan diskresi pihak kepolisian, dan atau menyiapkan rubber cone untuk membebaskan bahu jalan saat terjadi antrean.
 
"Rest area menuju Pelabuhan Bakauheni juga akan dimaksimalkan," terang dia.
 
Baca juga: Pasar Tumpah Biang Macet Jalur Mudik Lumajang-Probolinggo
 
Ia mengajak masyarakat yang akan melakukan mudik untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Terutama tidak memacu kendaraan di atas rata-rata yang sudah ditentukan. Apalagi tilang elektronik sudah diberlakukan di ruas tol Hutama Karya.
 
Masyarakat diharapkan dapat lebih taat terhadap peraturan yang ada di jalan tol salah satunya yakni untuk taat kecepatan berkendara di jalan dengan batas maksimal 100 km/jam.
 
Bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, Hutama Karya bekerja sama dengan Polres Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Mesuji telah menyiapkan Posko Vaksinasi gratis di Rest Area KM 20 Jalur A dan B Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan Rest Area KM 172 Jalur B & 234 Jalur A di Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang disiapkan sampai dengan arus balik mudik.
 
“Kalau lelah, silakan istirahat sejenak di rest area atau bisa keluar di gerbang terdekat sambil menikmati pariwisata dan kuliner yang ada di sekitar JTTS yang bisa dinikmati sambil mengisi energi sebelum kembali melanjutkan perjalanan,” imbuhnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif