Kulon Progo: PT KAI Daop 6 Yogyakarta menarget salah satu jalur perjalanan kereta api bisa dibuka sebelum pukul 12.00 WIB. Meskipun, target itu masih melihat perkembangan situasi lapangan di jalur Dusun Kalimenur, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
"Perkembangan evakuasi, hingga pukul 08.25 tinggal 2 (gerbong) KA yang belum terangkat. Ini KA eks Argo Semeru," kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro pada Rabu, 18 Oktober 2023.
Ia mengatakan proses evakusi cukup sulit karena crane harus diposisikan menyesuaikan rel yang menjadi tempat dudukannya. Sementara, posisi dua jalur rel memiliki jarak yang cukup dekat.
"Jarak antara jalur hulu dan hilir ini berhimpitan, sedangkan kondisi track di hilir yang ditempati KA Argo Semeru posisinya rusak," ujarnya.
Dalam situasi demikian, ia melanjutnya, crane hanya bisa ditempatkan di jalur hulu. Penempatan ini sekaligus memastikan keamanan crane maupun pemindahan gerbong yang telah terevakuasi.
"Setelah berhasil dievakuasi KA ditempatkan di jalur hulu. Ini butuh perhitungan yang matang akan posisinya tepat," kata dia.
Sampai saat ini, 4 crane masih digunakan di lokasi. Kedua jalur masih belum bisa dilalui karena masih terdapat rangkaian KA Argo Semeru dan satu jalur digunakan crane pengevakuasi.
Kulon Progo: PT
KAI Daop 6 Yogyakarta menarget salah satu jalur perjalanan kereta api bisa dibuka sebelum pukul 12.00 WIB. Meskipun, target itu masih melihat perkembangan situasi lapangan di jalur Dusun Kalimenur, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
"Perkembangan evakuasi, hingga pukul 08.25 tinggal 2 (gerbong) KA yang belum terangkat. Ini KA eks Argo Semeru," kata Manager Humas Daop 6
Yogyakarta Krisbiyantoro pada Rabu, 18 Oktober 2023.
Ia mengatakan proses evakusi cukup sulit karena crane harus diposisikan menyesuaikan rel yang menjadi tempat dudukannya. Sementara, posisi dua jalur rel memiliki jarak yang cukup dekat.
"Jarak antara jalur hulu dan hilir ini berhimpitan, sedangkan kondisi track di hilir yang ditempati KA Argo Semeru posisinya rusak," ujarnya.
Dalam situasi demikian, ia melanjutnya, crane hanya bisa ditempatkan di jalur hulu. Penempatan ini sekaligus memastikan keamanan crane maupun pemindahan gerbong yang telah terevakuasi.
"Setelah berhasil dievakuasi KA ditempatkan di jalur hulu. Ini butuh perhitungan yang matang akan posisinya tepat," kata dia.
Sampai saat ini, 4 crane masih digunakan di lokasi. Kedua jalur masih belum bisa dilalui karena masih terdapat rangkaian KA Argo Semeru dan satu jalur digunakan crane pengevakuasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(WHS)