Dokumentasi - Kawanan gajah sumatra liar berada di kebun warga di Desa Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Dokumentasi - Kawanan gajah sumatra liar berada di kebun warga di Desa Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kawanan Gajah Liar di Aceh Timur Mengamuk, Perkebunan Warga Hancur

Antara • 06 Januari 2023 06:40
Aceh: Kawanan gajah sumatra (elephas maximus sumatramus) liar mengubrak-abrik lahan pertanian dan perkebunan warga di Gampong Jambo Reuhat, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.
 
“Kawanan gajah tersebut masuk ke perkebunan warga pada sore dan menjelang subuh kembali ke kawasan hutan. Tidak sedikit perkebunan warga yang diubrak-abrik kawanan gajah tersebut," kata Nurdin, warga Gampong Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, di Aceh Timur, Jumat, 6 Januari 2023.
 
Menurut Nurdin, tanaman yang menjadi sasaran kawanan gajah adalah kelapa sawit siap panen dan sudah berbuah pasir. Akibatnya, tidak sedikit petani di wilayah tersebut yang rugi karena tanamannya dirusak kawanan satwa dilindungi tersebut.
 
Baca: Gajah Jinak di Aceh Timur Tewas Diserang Kawanan Gajah Liar

Berdasarkan pengakuan beberapa petani, kata Nurdin, jumlah gajah liar dalam kawanan tersebut kurang lebih dari sembilan individu dengan berbagai ukuran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petani, kata Nurdin, meminta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengiring kawanan gajah liar tersebut ke kawasan hutan agar tidak lagi merusak perkebunan masyarakat.
 
"Masyarakat yang bertani dan berkebun semakin khawatir dengan kawanan gajah tersebut. Jika gangguan kawanan gajah berlarut-larut, maka mereka akan kehilangan sumber ekonomi," kata Nurdin
 
Camat Banda Alam Iskandarsyah meminta instansi terkait segera turun tangan membantu masyarakat yang kebunnya rusak diamuk kawanan gajah. Amukan kawanan gajah liar di Gampong Reuhat terjadi pada Selasa dini hari kemarin.
 
"Kami berharap instansi terkait seperti BKSDA Aceh dan lembaga lingkungan sebagai mitra pemerintah turun ke lokasi menghalau kawanan gajah liar tersebut, sehingga masyarakat yang bertani dan berkebun bisa dengan tenang beraktivitas," kata Iskandarsyah.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif