Antrian mobil truk di SPBU Rawa Makmur Kota Bengkulu sebelum pengajuan penangguhan penjualan BBM subsidi jenis bio solar. ANTARA/Anggi Mayasari
Antrian mobil truk di SPBU Rawa Makmur Kota Bengkulu sebelum pengajuan penangguhan penjualan BBM subsidi jenis bio solar. ANTARA/Anggi Mayasari

Beberapa SPBU di Bengkulu Ajukan Penangguhan Penjualan BBM Subsidi

Antara • 10 Agustus 2022 16:21
Bengkulu: Sebanyak empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bengkulu tidak melakukan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis bio solar.
 
Supervisor Communication & Relation Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Haris Yanuanza, mengakui ada beberapa SPBU yang telah mengajukan penangguhan penjualan BBM ke Pertamina.
 
"Kami telah menerima ajuan penangguhan penjualan BBM jenis bio solar dari beberapa SPBU di Bengkulu," kata Haris saat di konfirmasi, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Baca: Pertamina Bantah Ada Ledakan di SPBU Tapak Kuda Kota Kendari

Dia menjelaskan alasan SPBU mengajukan penangguhan penjualan tersebut dikarenakan adanya faktor intimidasi dari beberapa supir truk batubara yang memaksa pihak operator SPBU untuk tetap menyalurkan bio solar ke mereka.
 
Padahal berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian ESDM Nomor 4E/MB 01/DJBS/2022 tentang penyaluran BBM jenis bahan bakar tertentu dan peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014 bahwa mobil truk pengangkut mineral dan batu bara dilarang mengisi BBM subsidi jenis Bio Solar.
 
Saat ini Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel akan mempelajari aduan tersebut dan akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum terkait hal tersebut .
 
Oleh karena itu, pihaknya menyediakan berbagai jenis BBM berkualitas seperti Pertamina Dex dan Dexlite sebagai alternatif dari BBM subsidi jenis bio solar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara terkait BBM jenis pertalite, Haris memastikan bahwa kebutuhan BBM tersebut aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat Bengkulu.
 
"Ketersediaan BBM jenis pertalite tidak ada pengurangan yaitu sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas)," ungkapnya.
 
Diketahui empat SPBU yang tidak menjual BBM subsidi jenis bio solar yaitu SPBU Rawa Makmur, SPBU Bumi Ayu, SPBU Pagar Dewa dan SPBU Kandang Kota Bengkulu.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif