Tas rajutan produk UMKM asal Jabar saat dipamerkan dalam acara peringatan hari nasional UMKM di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Jumat, 12 Agustus 2022.
Tas rajutan produk UMKM asal Jabar saat dipamerkan dalam acara peringatan hari nasional UMKM di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Jumat, 12 Agustus 2022.

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Indonesia Andalkan Kekuatan UMKM

Roni Kurniawan • 12 Agustus 2022 12:53
Bandung: Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, memastikan Indonesia saat ini mengandalkan kekuatan ekonomi domestik untuk menstabilkan perekonomian ditengah terjadinya inflasi secara global. Produk UMKM pun akan menjadi kekuatan utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
 
"Ekonomi Indonesia hari ini, beberapa tahun kedepan akan sangat tergantung pada kekuatan ekonomi domestic, terutama kekuatan UMKM," kata Teten usai membuka peringatan hari nasional UMKM di Cihampelas Walk, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Teten menuturkan, kekuatan UMKM telah terbukti selama pandemi Covid-19 hingga kini. Pasalnya, lanjut Teten, produk UMKM selama ini menjadi penyangga perekonomian nasional disaat berbagai produk impor tak bisa masuk ke Indonesia.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama pandemi (Covid-19) tiga tahun terakhir ini UMKM terbukti bisa menyangga ekonomi nasional," sahutnya.
 
Baca: Google dan Kemenkop UKM Latih UMKM di 10 Provinsi
 
Teten pun berharap, setiap pemerintah daerah untuk turut andil dalam penguatan UMKM. Pemerintah daerah, diharapkan mampu saling mengisi berbagai kebutuhan dibandingkan harus mendatangkan produk-produk impor.
 
"Oleh karena itu, kerjasama antar pemerintah provinsi saat ini sangat diperlukan karena kita untuk mempertahankan pertumbuhan di kwartal tiga itu terus kita dong konsumsi masyarakay selain belanja pemerintah," ungkapnya.
 
Saat bersamaan, terjadi perjanjian antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Sumatera Selatan untuk saling memenuhi kebutuhan. Dua daerah itu komitmen agar saling memenuhi agar produk UMKM bisa mendomisasi dipasar.
 
"Oleh karena itu upaya-upaya yang perlu kita lakukan sekarang bagaimana kita memasifkan program belanja produk UMKM," tandasnya.

 
(ALB)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif