Kemensos bersama Dinas Sosial Sigi membangun empat lumbung sosial di Sigi. ANTARA/HO-Dok Dinas Sosial Sigi
Kemensos bersama Dinas Sosial Sigi membangun empat lumbung sosial di Sigi. ANTARA/HO-Dok Dinas Sosial Sigi

Kemensos Bangun 4 Lumbung Sosial di Sigi

Antara • 18 September 2022 19:20
Sigi: Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyebut Kementerian Sosial (Kemensos) membangun empat lumbung sosial di daerah itu sebagai tempat penyediaan logistik bagi warga dalam situasi darurat bencana alam.
 
"Iya, sudah terbangun empat lumbung sosial di Sigi, yang dibangun oleh Kemensos," kata Kepala Dinas Sosial Sigi, Ariyanto, di Sigi, Minggu, 18 September 2022.
 
Baca: Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara Kembali Bersandar di Bintan

Empat titik lumbung sosial yaitu pertama lumbung sosial Kecamatan Palolo. Lumbung sosial untuk wilayah Kecamatan Palolo adalah Kantor Kecamatan Palolo.
 
Ariyanto menyebut lumbung sosial itu menjangkau jangkauan 21 desa di Kecamatan Palolo dan lima desa untuk Kecamatan Nokilalaki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua lumbung sosial Kecamatan Marawola, tempat yang digunakan sebagai lumbung adalah Kantor Kecamatan Marawola. Lumbung sosial tersebut menjangkau 11 desa di wilayah Kecamatan Marawola, 10 desa Kecamatan Kinovaro dan 12 desa Kecamatan Marawola Barat.
 
Ketiga lumbung sosial Kecamatan Dolo Selatan, tempat yang digunakan adalah Kecamatan Dolo Selatan, dengan wilayah jangkauan yaitu 12 desa di Kecamatan Dolo Selatan, 12 desa Kecamatan Dolo Barat dan lima desa Kecamatan Tanambulava.
 
Keempat lumbung sosial Kecamatan Gumbasa, yang terletak di Kantor Kecamatan Gumbasa, menjangkau tujuh desa di Kecamatan Gumbasa, 16 desa di Kecamatan Kulawi, 12 desa di Kulawi Selatan serta lima desa di Kecamatan Lindu.
 
Ia mengatakan sesuai arahan Menteri Sosial, lumbung sosial menjadi lumbung logistik, yang tidak hanya terdiri atas makanan, tetapi juga ada peralatan, seperti genset, perahu karet dan sebagainya.
 
"Pembangunan lumbung sosial sesuai dengan arahan Menteri Sosial Risma saat meninjau langsung warga terdampak banjir di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa," jelasnya.
 
Dalam kunjungan itu Mensos menyerahkan bantuan senilai Rp608 juta untuk pembangunan empat lumbung sosial dan bantuan senilai Rp270 juta untuk kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana.
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif