Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Kejar Target, Puskesmas Cipondoh Tangerang Buka Layanan Booster Kedua 4 Hari dalam Sepekan

Hendrik Simorangkir • 03 Februari 2023 13:16
Tangerang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang telah memulai pemberian vaksin covid-19 booster kedua untuk masyarakat dengan usia di atas 18 tahun di seluruh puskesmas di Kota Tangerang.  
 
Salah satunya di Puskesmas Cipondoh Kota Tangerang. Puskesmas tersebut sudah mencapai target  sebesar 60 persen untuk pemberian vaksin covid-19 booster kedua kepada lansia.  
 
"Lalu sekarang kami terus mengejar target untuk masyarakat di atas 18 tahun," ujar Kepala Puskesmas Cipondoh, Rizki Adirti, Jumat, 3 Februari 2023. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adirti menuturkan, jenis vaksin covid-19 booster kedua yang akan diberikan kepada masyarakat jenis Pfizer. Sebanyak 100 vial yang telah dialokasikan ke Puskesmas Cipondoh.  Untuk persyaratan mendapatkan vaksin covid-19 booster kedua yakni diutamakan untuk mereka yang sudah lebih dari 6 bulan mendapatkan booster pertama.
 
Baca: 148.921 Warga Bengkulu Ditargerkan Terima Vaksin Dosis Keempat

"Jadi nantinya, pemberian dosis vaksin tersebut akan sesuai dengan vaksin booster pertamanya Pfizer maka booster keduanya akan diberikan 0,3 dosis Pfizer. Jadi jangan khawatir jika jenis vaksin yang didapatkan berbeda dengan apa yang kita miliki, karena jenis Pfizer ini dapat digunakan oleh kombinasi vaksin covid-19 jenis lainnya," jelasnya. 
 
Adirti menjelaskan, pihaknya terus berupaya mengatasi penyebaran virus covid-19. Puskesmas Cipondoh melayani pemberian vaksin covid-19, mulai dari dosis 1, 2, booster 1 dan 2 pada Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu.  
 
"Namun sekarang yang sedang digencarkan yaitu vaksin covid-19 booster kedua ini untuk masyarakat yang sudah di atas 18 tahun," katanya. 
 
Adirti menambahkan, untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang agar segera melakukan vaksin covid-19 booster kedua. Pasalnya, vaksin itu dapat bermanfaat untuk mengembalikan imunitas yang hampir menurun setelah tiga bulan mendapatkan vaksin booster pertama, dan meningkatkan imunitas dari serangan virus covid-19. 
 
"Karena kita sedang dimasa peralihan dari pandemi ke endemi, dimana sudah tidak adanya PPKM, dan pembatasan-pembatasan lainnya. Maka dari itu vaksin covid-19 booster kedua sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas kita," ungkapnya. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif