Calon penumpang melintasi autoboarding gate di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, MTVN - Frahan Dwi
Calon penumpang melintasi autoboarding gate di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, MTVN - Frahan Dwi

Bandara Soetta Operasikan Sistem Pemindai Tiket Otomatis

Farhan Dwitama • 28 Juli 2017 14:34
medcom.id, Tangerang: PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, mengoperasikan sistem pemindai otomatis atau autogate boarding pada Jumat 28 Juli 2017. Sistem itu bertujuan mempermudah proses pemindaian tiket di pintu menuju boarding gate.
 
Autogate dioperasikan di Terminal 1 C Bandara Soetta. Calon penumpang cukup memindaikan barcode pada tiket pesawat saat hendak memasuki pintu. Proses pemindaian berlangsung secara mandiri tanpa bantuan petugas.
 
Manager communication PT AP II Cabang Bandara Soetta Dewandono Prasetyo Nugroho menyatakan, pengoperasian autogate merupakan bagian dari realisasi menjadikan Bandara Soetta sebagai bandara pintar alias smart airport. Saat ini, prosesnya masih memasuki tahap transisi.

"Untuk membantu pengguna jasa, kami menyiapkan petugas di sekitar autogate. Sehingga calon penumpang dapat berkomunikasi saat mengalami kesulitan di masa transisi ini," kata Prasetyo di Bandara Soetta, Jumat 28 Juli 2017.
 
AP mengoperasikan enam mesin pemindai. Sistemnya terintegrasi dengan sistem check-in. Sehingga data calon penumpang terekam dan terpindai secara otomatis. Sistem ini mempermudah proses pemeriksaan.
 
Bandara Soetta saat ini mengarah pada inovasi dan terus berupaya memberikan berbagai manfaat bagi penumpang dalam hal peningkatan nilai dan pilihan. Selain itu, penetrasi smartphone dan tablet yang terus berkembang memainkan peran kunci dalam mengubah prospek bandara pintar.
 
Diferensiasi layanan pelanggan yang efektif adalah manfaat utama yang diberikan oleh adanya fasilitas sistem tersebut. "Tetapi saat ini baru diberlakukan untuk boarding pass dalam bentuk fisik sesuai SKEP Dirjen nomor 2765/XII/2010 tentang tata cara pemeriksaan penumpang, personel pesawat udara dan barang bawaan yang diangkut dengan pesawat udara dan orang Perseorangan. Kedepan sistem ini telah mengakomodasi seluruh bentuk pas naik termasuk bentuk digital atau smartphone,” jelas Prasetyo
 
Bandara Soekarno-Hatta responsif terhadap kebutuhan pelanggan. Setelah Terminal 1C, Terminal 1A dan 1B dalam proses instalasi yang diharapkan dapat segera dioperasikan pada 2017 ini.
 
“Setelah check-in, menuju ke pemeriksaan kedua atau security check point kedua. Setiap penumpang yang telah mendapat boarding pass. Kini melakukan sendiri scanning barcode yang tertera di boarding pass,” terang Prasetyo.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(RRN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan