Jembatan gantung Gladak Perak Lumajang dipadati pemudik. Foto: Dok/Metro TV
Jembatan gantung Gladak Perak Lumajang dipadati pemudik. Foto: Dok/Metro TV

Pemudik Tetap Melewati Jembatan Gantung Gladak Perak Meski Dibatasi

Nasional Mudik Lebaran gunung semeru dampak erupsi Semeru Lebaran 2022
MetroTV • 28 April 2022 17:24
Lumajang: Warga antusias melintasi jembatan darurat Gladak Perak di Lumajang, Jawa Timur meskipun tidak disarankan karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Menurut warga, jarak tempuh melalui jembatan ini menjadi lebih cepat.
 
Setelah diuji coba dan dinyatakan aman, jembatan gantung Gladak Perak yang berada di jalur perbukitan Piket Nol, tepatnya di KM 58 Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur mulai dipadati pengendara sepeda motor yang hendak mudik. Namun karena minimnya penerangan serta rambu-rambu, warga dilarang berhenti di tengah jembatan dan kendaraan yang melintas pun dibatasi.
 
Jembatan darurat ini memiliki panjang 120 meter dan lebar 2 meter yang membentang di atas daerah aliran lahar Gunung Semeru. Sifat jembatan yang darurat membuat Gladak Perak hanya boleh dilalui oleh pengendara roda dua dan pejalan kaki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Alhamdulillah bisa ke Malang lewat sini untuk jemput anak yang berkuliah di sana, karena kalau jemput di stasiun jauh, jadi lewat sini malah langsung sampai ke Malang,” ujar salah satu pemudik Sayudi dalam tayangan Metro Siang di Metro TV pada Kamis, 28 April 2022.
 
Jembatan gantung Gladak Perak adalah akses satu-satunya penghubung Kabupaten Lumajang dengan Malang. Sebelumnya, warga harus melintas di aliran lahar Semeru melewati Curah Kobokan atau perbukitan Ranupane.
 
Meski sudah digunakan oleh mayoritas pemudik yang menuju Kabupaten Malang dan Lumajang, pengendara motor tidak disarankan untuk menggunakan jalur selatan baik melalui jembatan gantung Gladak Perak atau Ranupane. Hal ini dikarenakan kondisi Gunung Semeru yang belum stabil, terutama pada sore dan malam hari. (Leres Anbara)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif