Mal Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran. (Istimewa)
Mal Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran. (Istimewa)

Tim Labfor Ungkap Penyebab Tunjungan Plaza 5 Surabaya Terbakar

Nasional kebakaran Kebakaran Gedung Pusat Perbelanjaan surabaya
Clicks.id • 27 April 2022 16:56
Surabaya: Teka-teki penyebab kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Jawa Timur, akhirnya terungkap. Berdasakran hasil penyelidikan Tim Labfor Polda Jatim, pemicu kebakaran berasal dari akumulasi panas selama terjadinya hubung longgar listrik (loose contact) pada salah satu terminal kabel lampu penerangan, sehingga memicu terjadinya korsleting listrik.
 
Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Sodiq Pratomo mengatakan, terminal kabel lampu penerangan itu terdapat di plafon teras bioskop yang berada di lantai 10 gedung pusat perbelanjaan tersebut. Percikan api yang muncul, kemudian makin membesar setelah mengenai media bahan mudah terbakar.
 
"Antara lain plastik, kayu, kertas di sekitar area plafon bangunan tersebut," katanya, Rabu 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di singgung mengenai ada atau tidaknya unsur kesengajaan atas pemicu kebakaran yang telah ditemukan oleh pihak Labfor Polda Jatim, dirinya enggan menjelaskan. Sebab, hal tersebut merupakan kewenangan pihak penyidik yang menangani kasus tersebut, dalam hal ini Polrestabes Surabaya.
 
Baca juga: Kebakaran Mal Tunjungan Plaza Surabaya Berasal dari Lantai 5
 
"Hasil labfor tersebut sudah kami laporkan ke pihak Satreskrim Polrestabes Surabaya, ataupun Bidang Humas Polda Jatim," ujarnya.
 
Diketahui sebelumnya, pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) mengalami kebakaran, Rabu 13 April 2022 sekitar pukul 17.40 WIB. Api berkobar di gedung bertingkat antara department store Sogo dan hotel Four Points.
 
Pengunjung langsung berhamburan menyelamatkan diri. Sebanyak 28 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api saat itu.
 
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya juga mengerahkan 3 unit Bronto Skylift, serta 3 unit mobil ukuran 52 meter, 45 meter dan 104 meter yang bisa menembakkan air dari luar gedung. Kurang dari 20 menit, api sudah berhasil dipadamkan dan dilanjutkan dengan pembasahan.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif