Istimewa
Istimewa

Manfaatkan Liburan, BIN Sediakan Gerai Vaksinasi Bagi Wisatawan di Jogja

Nasional bin Yogyakarta vaksinasi vaksin covid-19
Al Abrar • 06 Mei 2022 14:14
Yogyakarta: Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (BIN DIY) menyediakan gerai vaksinasi di sejumlah objek wisata di Kota Yogyakarta. Sentra vaksinasi sengaja diperuntukkan bagi para pengunjung. 
 
Gerai vaksinasi disediakan antara lain di Titik Nol Kilometer dan di tempat khusus parkir Abu Bakar Ali, Kota Yogyakarta.
 
Kepala BIN DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo mengatakan, selain menyasar wisatawan yang tengah berlibur ke Jogja, vaksinasi juga menyasar masyarakat setempat. Pasalnya, masih ada masyarakat yang belum melengkapi vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Gerai vaksinasi ini kami gelar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Pemerintah Kota DIY," kata Andry, dikutip Jumat, 6 Mei 2022.
 
Selain memberikan layanan vaksinasi, lanjut Andry, BIN DIY menyediakan tes antigen di gerai posko tersebut. Layanan vaksinasi dan swab antigen yang dibuka sejak 28 April dan akan memberikan layanan setiap pukul 13.00-19.00 WIB itu tidak dipungut biaya alias gratis.
 
“Layanan akan kami buka setiap hari hingga 8 Mei. Harapannya bisa dimanfaatkan wisatawan apabila membutuhkan vaksinasi atau tes Covid-19. Layanan dapat diakses secara gratis,” jelasnya.
 
Baca: Vaksinasi BIN di Sulut Mencapai 334.828 Dosis
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah cukup tinggi bahkan untuk dosis satu dan dua sudah mencapai sekitar 200 persen dari target. 
 
“Sedangkan untuk vaksinasi dosis penguat mencapai sekitar 76 persen,” tambahnya.
 
Lebih lanjut, Emma menuturkan untuk jenis vaksinasi disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.
 
Selain di dua gerai yang dibuka tersebut, layanan vaksinasi dosis penguat atau booster juga dibuka di puskesmas-puskesmas di Kota Yogyakarta.
 
“Selama libur lebaran juga tetap dilayani di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas secara bergantian,” tutupnya.
 
Sekadar informasi, sejak tanggal 4-7 Mei 2022 puskesmas yang melayani vaksinasi selama libur lebaran di antaranya Puskesmas Wirobrajan, Puskesmas Mantrijeron, Puskesmas Jetis, dan Puskesmas Gondomanan 2.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif