Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba, mahasiswa asal Mesir.
Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba, mahasiswa asal Mesir.

4 Tahun Berlebaran di Indonesia, Mahasiswa Asal Mesir Jatuh Cinta dengan Bakso Malang

Nasional Mahasiswa Kota Malang Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Daviq Umar Al Faruq • 03 Mei 2022 12:40
Malang: Merayakan Lebaran jauh dari keluarga, memunculkan rasa rindu tersendiri. Hal tersebut yang dirasakan salah satu mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 
 
Rania Hamdi Ramadan Elsayed Mohammed Elsaba, mahasiswa asal Mesir bercerita pengalamannya berlebaran di Indonesia empat tahun terakhir.
 
“Sejujurnya jauh dari keluarga itu tidak mudah dan tidak akan pernah mudah. Namun beruntung, saya berada di negara mayoritas Muslim seperti Indonesia yang masih memberikan euforia Lebaran meskipun sedikit berbeda di negara saya. Namun, beberapa teman Indonesia saya banyak yang pulang ke kampung halaman, jadi terasa agak sepi,” sambungnya.
 
Rania yang sudah menjalani tahun keempatnya di Indonesia meliai tidak ada perbedaan jauh perayaan Lebaran di Indonesia dengan Mesir. Seperti tradisi pulang kampung dan berkumpul bersama sanak famili.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Momen Idulfitri Prajurit Penjaga Perbatasan Indonesia-Malaysia
 
Menariknya, makanan favorit Rania saat berlebaran bukanlah opor ayam atau sejenisnya. Namun ia lebih suka menyantap bakso Malang yang bisa dengan mudah ditemui. 
 
“Saat makan Bakso Malang, suasana hati yang sedih langsung bisa terobati. Apalagi banyak yang berjualan kan di sini,” tambahnya.
 
Lebih lanjut, ia juga lebih suka berlebaran bersama teman-teman dekatnya yang juga mahasiswa asing. Memiliki kerinduan yang sama dengan keluarga semakin mendekatkan mereka. Biasanya, usai salat Idulfitri, mereka berkumpul, memasak bersama, makan bersama seraya menonton film.
 
Rania juga mengaku sangat bahagia meski harus merayakan Idulfitri di Indonesia. Hal itu tidak lepas dari orang-orang Indonesia yang ramah dan suka memberikan senyum. Bahkan beberapa kali ia menerima bingkisan untuk dinikmati bersama kawan-kawannya.
 
 “Orang Indonesia itu ramah sekali. Saya tidak bisa memungkiri hal itu. Saat mereka terseyum kepada saya, senyuman mereka terasa damai dan menenangkan. Alhamdulillah meski jauh dari keluarga, saya dikeliling oleh teman-teman dan masyarakat yang ramah,” ungkap Rania.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif