Ilustrasi. (ANTARA)
Ilustrasi. (ANTARA)

Operasi Pasar Belum Mampu Turunkan Harga Minyak Goreng di Jatim

Nasional kenaikan harga minyak goreng Jawa Timur
Media Indonesia.com • 10 Januari 2022 08:25
Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) telah menggelar operasi pasar, namun harga minyak goreng belum sepenuhnya turun.
 
Data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim, harga rata-rata minyak goreng curah per liternya Rp18.589. 
 
Harga minyak goreng curah tertinggi terjadi di Kota Pasuruan sebesar Rp20.000 per liter dan terendah di Kota Batu sebesar Rp14.833 per liter. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan harga rata-rata minyak goreng kemasan dibanderol Rp18.582 per liter. Harga tertinggi Rp19.666 di Magetan dan terendah Rp16.166 di Situbondo. 
 
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur (Jatim) mendapatkan laporan bahwa harga minyak goreng masih mengalami kenaikan di pasaran. 
 
Baca juga: Banjir di Sembakung dan Sembakung Atulai Nunukan Masih Tinggi
 
"Kami sudah menurunkan tim ke pasar untuk memantau setiap pergerakan (harga) minyak goreng. Memang ada kenaikan," kata Kepala Disperindag Jatim  Dradjat Irawan di Surabaya, Minggu, 9 Januari 2022.
 
Menurutnya, dalam rapat koordinasi dengan Kemendag, diketahui bahwa kondisi global bahwa selain pandemi covid-19 juga terjadi cuaca buruk yang menyebabkan harga Crude Palm Oil (CPO) CIF Rotterdam per September 2021 mencapai US$1.235 per ton. Naik dibandingkan Agustus US$1.226 per ton.
 
"Karena bahan baku pendukung ini mengalami kenaikan, otomatis pabrikan juga menggunakan bahan baku yang lebih mahal, jadi pasar global kita memang mengalami kenaikan harga CPO. Ini data dari Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia," ujarnya. 
 
Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan operasi pasar hingga harga minyak benar-benar turun. Operasi pasar ini mendapat subsidi dari Pemprov Jawa Timur. (Faisol Taselan)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif