Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mendatangi tersangka penendang sajen di Gunung Semeru (Foto / Metro TV)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mendatangi tersangka penendang sajen di Gunung Semeru (Foto / Metro TV)

Penendang Sajen di Gunung Semeru Dituntut 7 Bulan Penjara

Clicks.id • 25 Mei 2022 07:48
Lumajang: Penendang sajen di area erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Hadfana Firdaus dituntut hukuman tujuh bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan. Tuntutan ini dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang di Pengadilan Negeri Lumajang, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Pada perkara ini Hadfana Firdaus didakwa melanggar Pasal 145 ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik karena dengan sengaja menyebar video penendangan sesajen yang menimbulkan kegaduhan masyarakat.
 
Salah satu hal yang memberatkan terdakwa dalam perkara ini yakni perbuatannya telah membuat gaduh dan meresahkan masyarakat di Lumajang. Sementara hal yang meringankan yakni belum pernah terjerat permasalahan hukum, kooperatif selama menjalani proses hukum, dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Penendang Sajen di Gunung Semeru Ditahan
 
"Pada perkara ini kami menuntut terdakwa dengan hukuman tujuh bulan penjara dan denda Rp50 juta," kata Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lumajang Mirzintio.
 
Diketahui, Hadfana Firdaus terjerat masalah hukum setelah membuat gaduh masyarakat Lumajang dengan menendang sajen di area erupsi Gunung Semeru. Video penendangan tersebut viral setelah diunggah di media sosial.
 
Perbuatan Hadfana Firdaus mendapat kecaman dari berbagai pihak. Sebab tindakan tersebut dinilai mencederai kerukunan antarumat beragama yang telah terjalin di Kabupaten Lumajang.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif