PKN Ajak Mahasiswa Jaga Pancasila dan Kemajemukan
Rangkaian Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental di Manado dimulai (Foto:Dok.Kemenko PMK)
Jakarta: Rangkaian Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental di Manado dimulai. Acara yang sudah diselenggarakan ialah talkshow Pancasila Goes to Campus.

Acara tersebut merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kementerian Dalam Negeri bersama Universitas Sam Ratulangi. Talk show yang dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey itu mengangkat tema Membumikan Pancasila di Era Milenial.

Dalam sambutannya, Olly menjelaskan peran penting Pancasila. Menurutnya, Pancasila menjadi kunci menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 


“Pancasila merupakan dasar yang sangat penting dan harus diimplementasikan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa” kata Olly dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 Oktober 2018.

Di hadapan seluruh peserta yang merupakan civitas akademi dari Universitas Sam Ratulangi, Olly meminta mahasiswa menjalankan nilai-nilai Pancasila. Dia meyakini, hal itu sebagai bentuk upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan menggantikan kita semua. Maka dari itu, mereka harus memiliki semangat dan tekad yang besar untuk mengimplementasikan pancasila sebagai pengikat dari keberagaman” papar Olly. 

Selain itu, Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan bahwa Pemprov Sulawesi Utara selalu mendorong mahasiswa mengimplementasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental, khususnya Gerakan Indonesia Bersatu. Upaya tersebut sebagai bentuk menekan segala bentuk perpecahan.

“Sehingga mereka terhindar dari berbagai ancaman radikalisme dan perpecahan” jelasnya.
 
Sementara itu, salah satu mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Renaldo Gareja menganggap Pancasila sebagai lentera bangsa. Pancasila dianggap memiliki peranan penting dalam memajukan bangsa. 

“Pancasila merupakan cahaya yang membawa kita menuju kemajuan bangsa sehingga cita-cita yang sudah ditetapkan oleh founding fathers dapat dicapai,” kata Renaldo.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id