Lembar jawaban komputer (LJK) tampak buram. (dok ist/Medcom.id/Farhan D)
Lembar jawaban komputer (LJK) tampak buram. (dok ist/Medcom.id/Farhan D)

Lembar Jawaban USBN SD di Tangsel Buram

Nasional USBN SD USBN
Farhan Dwitama • 23 April 2019 13:48
Tangerang: Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sekolah dasar (SD) di Tangerang Selatan, Banten, dikeluhkan. Lantaran, lembar jawaban komputer (LJK) yang dicetak tampak buram.
 
"Iya, memang kurang jelas, terlihat samar di beberapa bagian di LJK. Siswa jadi kesulitan menjawab soal," kata Kepala SDN 03 Ciater, Tangerang Selatan, Madanih, Selasa 23 April 2019.
 
Untuk memudahkan siswa menjawab, pihak sekolah dan pengawas USBN memberikan arahan ke peserta ujian. Langkah ini membuat kendala bisa diatasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Tangsel, Taryono, mengaku adanya LJK yang buram pada hari kedua pelaksanaan USBN. Dia menyebut pihak percetakan telah diminta bertanggung jawab.
 
“Kami komplain agar LJK segera dicetak ulang. Dia (percetakan) juga merespon dan meminta maaf karena tidak bisa hari ini dibagikan,” katanya.
 
Namun, kata Taryono, pihak percetakan yang berasal dari Bandung tak mampu menuruti keinginan dinas untuk mengganti LJK dengan yang lebih baik. Taryono mengaku tak tahu banyak soal perusahaan percetakan yang memenangi tender pencetakan LJK.
 
“Kita juga enggak tahu, tahu-tahu pemenangnya dari jauh sana. Dari Bandung pemenang lelangnya,” kilahnya.
 
Lebih lanjut, kata Taryono, telah berkoordinasi dengan seluruh kepala sekolah SD negeri dan swasta di Tangsel untuk pendataan soal LJK buram. Kemudian, bakal dilakukan ujian susulan ulang.
 
“Solusinya nanti beberapa sekolah yang LJK-nya buram, kita bisa ujian susulan ulang,” kata dia.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif