Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Mega Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kamis, 9 Mei 2019. Dok: Istimewa.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Mega Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kamis, 9 Mei 2019. Dok: Istimewa.

Rekapitulasi Suara di Kepri Dinilai Kondusif dan Transparan

Nasional rekapitulasi suara pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Antara • 10 Mei 2019 10:48
Tanjung Pinang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di Mega Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kamis, 9 Mei 2019. Rapat dibuka Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati dengan didampingi para komisioner.
 
Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengapresiasi pelaksanaan rapat pleno terbuka berlangsung aman, transparan dan, demokratis.
 
"Masyarakat Kepri semakin dewasa, partisipasi pemilih cukup tinggi, sehingga pemilu berjalan aman. Kami ucapkan terima kasih kepada TNI-Polri bersama rakyat kuat, hingga situasi di Kepulauan Riau kondusif," kata Nurdin seperti dilansir Antara, Jumat, 10 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pleno tersebut juga dihadiri Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto, Danrem 033 Wira Pratama, Danlantamal IV Tanjungpinang, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Danlanud RHF, Bawaslu Kepri para saksi dan sejumlah pihak lainnya.
 
Dalam kesempatan yang sama,Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri Abdul Razak juga mengapresiasi pihak TNI-Polri yang telah menjaga situasi tetap kondusif. Menurut Razak, TNI-Polri sudah melakukan pengamanan secara maksimal sehingga tidak terjadi gangguan berarti pada Pemilu Serentak di Kepri.
 
"Pemilu di Kepri berjalan jujur, bersih, adil dan demokratis, bila ada permasalahan selesaikan dengan mekanisme dan hukum yang berlaku," jelas Razak.
 
Berdasarkan rapat pleno, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf unggul di lima kabupaten/kota dari tujuh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri. Paslon capres-cawapres 01 unggul dibandingkan 02 untuk Kota Tanjungpinang, Karimun, Bintan, Lingga dan Anambas.
 
Adapun perolehan suara yang diperoleh masing-masing paslon yakni, untuk Kota Tanjungpinang paslon 01 memperoleh 63.099 suara, sementara paslon 02 sebanyak 53.437 suara. Kabupaten Bintan paslon 01 memperoleh 50.947 suara dan paslon 02 mendapat 37.087 suara.
 
Kemudian di Kabupaten Anambas, paslon 01 memperoleh 17.240 suara dan 02 mendapat 8.867 suara. Di Kabupaten Karimun paslon 01 memperoleh 70.783 suara dan 02 sebanyak 59.884 suara. Sementara untuk Lingga, Jokowi meraih kemenangan terbesar di Kepri diangka 67 persen.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif