Ilustrasi. (Foto: MI/Ardi Teristi Hardi)
Ilustrasi. (Foto: MI/Ardi Teristi Hardi)

DIY Butuh Investor Bangun Tol Yogyakarta-Kulon Progo

Nasional Bandara Yogyakarta International Airport
Ahmad Mustaqim • 23 Juni 2020 22:24
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyatakan butuh investor untuk menghubungkan akses cepat Yogyakarta-Kulon Progo melalui jalan tol. Akses tersebut untuk menopang operasional Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).
 
"Sebelum Solo-Kulon Progo. Kita minta supaya (rencana pembangunan tol) Yogyakarta-Kulon Progo ada investor baru," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Budi Wibowo, Selasa, 23 Juni 2020.
 
Budi mengatakan saat ini rencana yang tengah dalam proses pembangunan yakni Yogyakarta-Solo dan Solo-Bawen. Kedua proyek itu sudah dipersiapkan hingga aspek transportasinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, proyek tol baru itu akan menghubungkan Solo-Yogyakarta-Kulon Progo. Titik akhir tol berada di Kecamatan Wates, pusat kota Kabupaten Kulon Progo.
 
Baca juga:3 Bocah Tewas Tenggelam di Kolam Bekas Galian Tambang
 
"Program nasional pada saat ini hanya rencana Yogja-Solo dan Solo-Bawen. Akan ada tambahan Yogja-Wates," kata dia.
 
Budi mengatakan, jalur tol Solo hingga Kulon Progo dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi YIA. Ia menilai keberadaan tol akan memangkas jarak tempuh Solo hingga YIA.
 
"(Tol Solo-Kulon Progo) akan berdampak pada aksesibilitas bandara. Kalau tidak ada tol akan lama. Orang akan lebih ke (bandara) Adisumarmo daripada ke Kulon Progo," jelasnya.
 
Selain itu, kata dia, proyek kereta api bandara YIA pun mulai berjalan. Pembangunan rel dari Stasiun Kedundang akan menghubungkan jalur kereta api ke YIA, seperti dari Bandara Adisutjipto, yakni Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu Yogyakarta.
 
"Insyaallah 2021 (kereta api) bisa dimanfaatkan. 2023 rencananya selesai semuanya," ujarnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif