Sejumlah ruas jalan di kawasan Tangerang Selatan tergenang karena intensitas hujan tinggi sejak Sabtu dini hari, 20 Februari 2021. Dokumentasi/ istimewa
Sejumlah ruas jalan di kawasan Tangerang Selatan tergenang karena intensitas hujan tinggi sejak Sabtu dini hari, 20 Februari 2021. Dokumentasi/ istimewa

Sebagian Kecamatan di Tangsel Terendam

Nasional banjir musim hujan bencana alam bencana banjir
Farhan Dwitama • 20 Februari 2021 07:55
Tangerang: Hampir seluruh wilayah kecamatan di Tangerang Selatan terendam akibat intensitas hujan tinggi yang mengguyur Jabodetabek sejak Sabtu dini hari, 20 Februari 2021.
 
Dari informasi yang diperoleh, banjir dengan ketinggian mencapai satu meter terjadi di wilayah Pondok Maharta, Kelurahan Pondok Kacang, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel.
 
"Pondok Maharta sudah sepinggang orang dewasa. Memang hujan terus - terus sejak semalam. Air mulai masuk ke area perumahan warga sejak pukul 03.00 WIB," kata warga setempat, Putra saat dikonfirmasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bali Setop Karantina Pasien Covid-19 di Hotel
 
Selain wilayah langganan banjir tersebut, kawasan Perumahan Pondok Pakulonan RT002/12, Kelurahan Pakualam, Kecamatan Serpong Utara, juga terendam dengan ketinggian mencapai 80 sentimeter.
 
"Sudah sepaha orang dewasa," ungkap Al Hudri warga setempat.
 
Menurut dia kawasan perumahan tersebut menjadi langganan banjir, seperti banjir tahun 2020 yang merupakan banjir terparah.
 
Sementara BPBD Tangsel mencatat sejumlah titik banjir dan genangan melanda hampir di seluruh wilayah Kecamatan Tangsel. Relawan BPBD Tangsel, Essa Nugraha, menyebut hingga pukul 05.13 WIB tercatat ada 14 titik banjir yang tersebar di wilayah Tangsel.
 
Dari ke-14 titik banjir, ketinggian air bervariasi. Namun ada dua wilayah terparah yakni wilayah Pondok Aren terutama di Kampung Bulak dan Pondok Maharta serta satu wilayah di Serpong Utara yakni Kampung Kayu Gede dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.
 
"Titik tertinggi (air) 1,5 meter di 3 titik yakni Kampung Bulak, Pondok Maharta, Kampung Kayu Gede Pakujaya. (Titik banjir) ada di Kampung Bulak, Pondok Maharta, Jurang Mangu Permai, Perumahan Pondok Safari, Perumahan Taman Mangu Indah, dan Jalan Ceger Jurang Mangu Timur," ungkap Essa.
 
Sementara lokasi titik banjir lainnya terdeteksi di Tembok bolong (Ciputat Timur), Villa Mutiara (Serpong Utara), Kampung Kayu Gede (Serpong Utara), BPI (Pamulang), Perumahan Pondok Pakulonan (Serpong Utara), Payung Mas (Ciputat), Perumahan Cireundeu Permai (Ciputat Timur).
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif