Ilustrasi nelayan. Medcom.id/Syahmaidar
Ilustrasi nelayan. Medcom.id/Syahmaidar

Miangas Masuk Prioritas Pembangunan Sulut

Nasional pembangunan kemaritiman
Surya Perkasa • 29 Oktober 2020 15:41
Miangas: Pesisir Pulau Miangas, Sulawesi Utara, memiliki potensi perikanan dan hasil laut yang luar biasa besar. Pulau terluar di bagian utara Indonesia ini diproyeksikan menopang perekonomian Sulut dan Indonesia.
 
"Pembangunan di Miangas bagi kami adalah prioritas. Karena ini (Miangas) adalah beranda terdepan Sulawesi Utara dan NKRI," kata Gubernur petahana Sulut Olly Dondokambey dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Oktober 2020.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sudah memperbaiki infrastruktur jalan dan pelabuhan. Pembagunan sejumlah infrastruktur diharap memuluskan akses perekonomian masyarakat wilayah ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat berkunjung ke Miangas, Olly mengaku telah menyusun sejumlah program bagi nelayan kepulauan di Sulut. Termasuk membantu pemasaran ikan dari Miangas untuk diekspor ke Jepang.
 
"Karena sekarang kita sudah buka penerbangan kargo langsung dari Manado ke Jepang. Ini akan terus kita tingkatkan karena orang Jepang, Korea, Tiongkok sangat menyukai komoditas-komoditas dari Sulawesi Utara," terang Olly.
 
Pemerintah akan membantu  akses permodalan bagi nelayan Miangas agar perekonomian masyarakat pesisir semakin baik. Bantuan modal ini diharap mendorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM ) sebagai penopang ekonomi daerah hingga nasional.
 
Miangas adalah pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina. Tercatat ada 235 Kepala Keluarga (KK) yang menetap di daerah ini.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif