Ilustrasi. (Foto: Metro TV)
Ilustrasi. (Foto: Metro TV)

Tiga Tewas Disengat Tawon Ganas di Jateng

Nasional lebah
Kuntoro Tayubi • 27 November 2019 18:07
Tegal: Serangan tawon beberapa hari terakhir melanda wilayah Pantura Barat, Jawa Tengah. Tiga orang dinyatakan tewas dan beberapa orang mendapatkan perawatan medis.
 
Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal, Andri Yudi Setiawan, mengatakan, serangan tawon terjadi di Kabupaten Brebes, Tegal dan Pemalang.
 
"Salah satu korban bernama Carmin. Dia dikerubungi tawon hingga mendapat perawatan (medis), namun nyawanya tidak tertolong dan meninggal pada Selasa, 26 November 2019," kata dia, Rabu, 27 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nasib serupa dialami pasangan suami istri di Pemalang. Suwaryo, 62, dan Endriyati, 45, diserang tawon ketika melintas di Tempat Pemakaman Umum Dukuh Karyamukti, Desa Karangbrai, Kecamatan Bodeh, pada Minggu, 24 November 2019.
 
Keduanya tengah berkendara saat sekawanan tawon ganas menyerang. Hasil pemeriksaan medis menunjukkan Suwaryo mendapatkan 60 kali sengatan sedangkan sang istri, Endriyati disengat sebanyak 85 kali. Keduanya pun tewas usai mendapatkan perawatan di rumah sakit.
 
Korlap Damkar Kabupaten Pemalang, Son Haji, mengatakan, fenomena serangan koloni tawon berulang kali terjadi di wilayahnya. Bahkan pada 2018, sembilan orang tewas disengat tawon ganas.
 
“Dari awal 2019 Damkar telah memusnahkan 45 sarang lebah di 37 lokasi. Itu pun belum semua teratasi karena masih ada laporan keberadaan sarang lebah, yaitu di wilayah Kecamatan Bodeh dan Ulujami," jelasnya.
 
Tak hanya ketiganya, Sakwadi, warga Tegal, harus menjalani perawatan di RSUD Kardinah usai tersengat tawon saat mencoba mengevakuasi sarang tawon.
 
Sementara itu, Dandi, 19, warga Desa Pekauman, Kecamatan Losari, Brebes, mengaku mengalami hal serupa. Ia disengat tawon saat tengah tidur dan pingsan.
 
“Saya merasa ada yang menusukkan jarum pada belakang paha. Mendadak badan jadi panas. Saya kemudian pingsan,” ucap Dandi.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif