Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Homoseksual Penyumbang Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi

Nasional homoseksual hiv/aids
Antara • 04 Desember 2019 10:49
Cikarang: Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mencatat jumlah penderita HIV/AIDS di wilayahnya yakni 105 pasien sepanjang tahun 2019. Hubungan sesama jenis atau homoseksual menjadi salah satu penyebab penularan HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi.
 
"Tahun ini bertambah 105 pasien HIV dan AIDS, pria ada 74 orang dan 46 orang di antaranya adalah homoseksual. Sedangkan wanita (HIV/AIDS) sebanyak 31 pasien," ungkapkata Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Irfan Maulana, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti mengatakan 105 kasus baru tahun ini membuat akumulasi penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi menjadi 1.670 orang. Dia menyarankan laki-laki di wilayahnya untuk setia dengan pasanganya, demi memotong rantai penularan virus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi laki-laki yang sudah berumah tangga sangat diperlukan kesetiaannya terhadap pasangan sehingga bisa memotong rantai penularan virus ini," kata Sri.
 
Pihaknya berupaya menekan kasus HIV/AIDS dengan pengembangan layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT). Sosialisasi juga dilakukan pada populasi risiko tinggi (risti) dan pengembangan layanan Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP).
 
Kemudian sosialisasi warga binaan di lembaga pemasyarakatan dan murid di sekolah. Serta pemeriksaan viraload dan CD4 bagi para orang dengan HIV/AIDS (ODHA).
 
"HIV dan AIDS berbeda, HIV itu virusnya sedangkan AIDS bisa dibilang stadium akhir dari infeksi virus HIV di mana kemampuan tubuh untuk melawan berbagai infeksi sudah hilang sepenuhnya," bebernya.
 
Dia berharap orang dengan positif HIV tetap bisa menjalankan kehidupan. Terpenting, kata dia, orang dengan positif HIV untuk rutin memeriksa diri.
 
"Dengan begitu rantai penularan bisa dihentikan," ucap Sri.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif